Angka Harapan Hidup

Angka Harapan Hidup (AHH), merupakan indikasi kualitas fisik penduduk suatu daerah. AHH juga dapat digunakan sebagai alat untuk mengevaluasi kinerja pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan dan derajat kesehatan penduduk.

Berdasarkan pengolahan dari data Susenas 2012, AHH Kabupaten Jayapura adalah 67.74 tahun. Artinya, rata-rata tahun hidup yang akan dijalani oleh penduduk Kabupaten Jayapura dari lahir sampai meninggal dunia adalah 67.74 tahun. Fenomena ini mengindikasikan bahwa kemampuan penduduk Kabupaten Jayapura untuk hidup lebih lama dan hidup sehat termasuk kategori sedang, dimana standar harapan hidup palingtinggi adalah 85 tahun.

Angka Harapan Hidup (AHH) Kabupaten Jayapura mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya sebesar 0.21 tahun, dimana tahun sebelumnya sebesar 67.53 tahun. Walaupun terjadi peningkatan, namun AHH Kabupaten Jayapura masih lebih rendah dibanding AHH Provinsi Papua yang mencapai 69.12 tahun. Salah satu faktor yang mempengaruhi masih rendahnya AHH di Kabupaten Jayapura adalah belum meningkatnya kesadaran penduduk terhadap kesehatan yang terlihat dari sedikitnya pemanfaatan tenaga medis dalam persalinan dan melakukan pengobatan di fasilitas-fasilitas kesehatan yang disediakan pemerintah. Oleh karena itu, program pembangunan dibidang kesehatan antara lain dengan meningkatkan penyediaan tenaga dan fasilitas kesehatan, meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat, meminimalkan angka kematian ibu dan anak, melaksanakan imunisasi, melakukan pemberantasan penyakit menular, menyediakan air bersih, memperbaiki sanitasi, serta meningkatkan pelayanan kesehatan sangat diperlukan agar status pembangunan manusia di Kabupaten Jayapura dapat terus ditingkatkan.

Angka Harapan Hidup Kabupaten Jayapura berada di peringkat tertinggi ke-7 dari 29 kabupaten/kota di Provinsi Papua meningkat satu peringkat dibandingkan tahun lalu yang berada di peringkat ke-8.

Data tentang Kesehatan Kabupaten Jayapura dapat anda lihat di Website Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura