Visi

Visi Kabupaten Jayapura berdasarkan RPJMD Kabupaten Jayapura periode 2012-2017 adalah:

“Jayapura Baru”

 

Visi Jayapura Baru  mengandung berbagai substansi mengenai kondisi masa depan Kabupaten Jayapura yang merupakan pokok-pokok dari visi ini. Adapun penjelasan dari visi ini berdasarkan pokok-pokok visinya adalah sebagai berikut.

Pertama, Jayapura yang Berjati Diri.

Pokok visi ini dimaksudkan sebagai kondisi masyarakat Jayapura yang senantiasa menjaga, melindungi, memberdayakan dan merestorasi keaslian karakteristik jati dirinya pada kehidupan sosial, ekonomi, budaya dan pemerintahan mulai dari level kampung, distrik, hingga level kabupaten.

Kedua, Jayapura yang Cerdas.

Pokok visi ini dimaksudkan sebagai kondisi masyarakat Jayapura dengan kualitas manusia yang memiliki tingkat pendidikan, kesehatan dan kehidupan rohani yang tinggi dan merata di seluruh sebaran wilayah.

Ketiga, Jayapura yang Harmonis,

Demokratis dan Damai. Pokok visi ini dimaksudkan sebagai kondisi masyarakat Jayapura yang mengedepankan toleransi dan kerukunan lintas etnis, agama, budaya, dan kelompok kepentingan; dengan tata ruang dan lingkungan yang asri dan lestari serta memperhatikan eksistensi adat; mengutamakan supremasi hukum dan partisipasi publik.

Keempat, Jayapura yang Sejahtera.

Pokok visi ini dimaksudkan sebagai kondisi masyarakat Jayapura dengan produktivitas dan pertumbuhan ekonomi yang meningkat serta distribusi kesempatan kerja yang lebih baik di mana setiap kampung memiliki usaha ekonomi unggulan sesuai potensi lokal dalam upaya kampung membangun yang memiliki infrastruktur dasar yang bermutu.

Kelima, Jayapura dengan Kepemerintahan yang Baik.

Pokok visi ini dimaksudkan sebagai kondisi tata kelola Jayapura yang di dalamnya tersedia ruang partisipasi bagi kewenangan dan tanggung jawab rakyat, dunia usaha, pemerintah, legislatif dan badan pemeriksa; dengan manajemen perubahan yang adaptif kreatif terhadap dinamika lingkungan dan berkomitmen melawan korupsi.