Bersama KPU dan Pemda, Polres Jayapura Bahas Kesiapan Pemilu di Depapre

Berita Daerah Layanan Politik

Kapolres Jayapura AKBP, Fredrickus W.A Maclarimboen

SENTANI, jayapurakab.go.id – Pembahasan persiapan pelaksanaan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, DPD, DPR, DPRP, DPRK yang berlangsung di Aula Distrik Depapre, Kabupaten Jayapura, Sabtu, 27/01 pagi.

Dihadiri langsung Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus W.A Maclarimboen, Pj. Bupati Jayapura yang diwakili Asisten I Sekda Kabupaten Jayapura Bidang Pemerintahan Elphyna Situmorang, Ketua KPU Kabupaten Jayapura Daniel Mebri, serta mengundang Kadistrik Depapre, Raveni Rara, Yokari, Demta, dan Kadistrik Sentani Barat, para kepala Kampung, KPPS, PPD, panitia distrik, serta para tokoh adat guna membahas kesiapan pemilu yang akan berlangsung 14 Februari mendatang.

Dalam pembahasan tersebut Kapolres menyampaikan penyelenggaraan pemilu tahun 2024 secara struktural sudah jelas, siapa yang punya peran, siapa yang punya domain di bidang masing-masing terapan, ada panitia dalam hal ini KPU, pengawas atau Bawaslu dan peserta yang tentunya dari partai politik.

“Tentunya kita sangat berharap kesiapan kita dalam menghadapi pemilu itu, kita sudah siap secara administratif dan secara terukur, di Kabupaten Jayapura sendiri kurang lebih ada 513 caleg untuk merebut 30 kursi tentunya 90 persen gagal karena banyaknya yang mengikuti tapi jumlah kursi sedikit,” ucapnya.

Lebih lanjut Kapolres mengharapkan peran serta semua di dalam struktur pemerintahan maupun masyarakat terutama para tokoh untuk bisa memberikan pemahaman pengertian kepada warganya.

“Jadi saya mohon pengertian mohon kerja sama untuk kita harus bisa membangun, bisa memberikan ruang, pemahaman sehingga masyarakat itu bisa siap untuk melaksanakan pemilihan umum nanti,” harap AKBP Fredrickus.

Sementara Ketua KPU Kabupaten Jayapura, Daniel Mebri dalam kesempatannya menyampaikan ada 134.568 daftar pemilih tetap di Kabupaten Jayapura, berbeda dengan pemilu sebelumnya ada undangan/C6 namun di pemilu kali ini namanya berganti menjadi C pemberitahuan.

“Jadi tahapan kita sudah berjalan, kita tinggal sekitar 17 hari untuk menuju 14 Februari 2024, kami optimis siap untuk bagaimana pemilu 2024 dapat berjalan dengan baik,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan