Bulan Bhakti Masa Pandemi Covid-19, BKIPM Gelar Kegiatan Sosial

Kepala Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Jayapura, Suardi.

SENTANI, jpr – Dalam rangka Bulan Bhakti, Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu Jayapura menggelar kegiatan sosial di tengah pandemi Covid-19 ini di wilayah Kabupaten Jayapura.

Kepala Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Jayapura, Suardi menjelaskan, sesuai instruksi dari kementerian, agar seluruh UPT BKIPM melaksanakan kegiatan sosial bertepatan dengan Bulan Bhakti BKIPM itu dengan menggelar kegiatan sosial di wilayahnya masing-masing selama pandemi Covid-19 ini. Bulan Bhakti Badan Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan itu sudah dilaksanakan sejak bulan April hingga akhir Juni 2020.

“Ada beberapa kegiatan sosial dan sudah kami lakukan pada intinya ini berkaitan dengan masa pandemi Covid 19 ini sehingga dari kementerian menginstruksikan untuk melaksanakan kegiatan sosial di wilayahnya masing-masing,” kata Suardi kepada wartawan di Sentani, Sabtu (27/6).

Dia mengatakan, berbagai kegiatan sosial ini menyasar masyarakat yang terkena dampak akibat Covid-19. Adapun bentuk kegiatan sosial itu seperti pembagian ikan sehat bermutu sebanyak 1.250 yang bekerja sama dengan anggota Komisi IV DPR-RI. Kemudian penyaluran Paket kepada masyarakat yang terkena dampak Covid 19 di wilayah Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura. Selain itu pihaknya juga membagikan nasi ikan sebanyak 100 bungkus setiap hari selama 22 hari berturut-turut dalam bulan Ramadhan untuk melawan Corona.

“Kemudian Pekan Pelayanan Publik selama 1 minggu dari tanggal 22 s/d 27 Juni 2020,” tandasnya.

Selanjutnya, pada masa pandemi Covid-19 masih dalam suasana bulan mutu karantina dilakukan Bhakti ilmu pengetahuan dan teknologi yang dilaksanakan pada tanggal 25 Juni 2020 dengan menggunakan Webinar.

“Kegiatan ini dilaksanakan dengan bekerja sama antara Balai KIPM Jayapura dengan pihak Curtin University Alumni Chapter Indonesia (CUACI) dengan nara sumber dari Commonwealth Science Industrial Research Organization (CSIRO) Australia,” jelasnya.

Ia menambahkan tujuan Bhakti Iptek dilaksanakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya pengendalian penyakit ikan karantina dan perlunya pencegahan penyebaran ikan invasif guna mendukung pembangunan perikanan yang berkelanjutan.

Tinggalkan Balasan