Bupati Buka Diklat Pim III dan IV

Sentani, Jpr – Bupati Kabupaten Jayapura, Mathius Awoitauw, SE., M. Si, secara resmi membuka Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklat Pim) Tingkat III dan IV Pola Kemitraan Pemerintah Kabupaten Jayapura dengan Badan Diklat Provinsi Papua, yang berlangsung di Hotel Sentani Indah Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, pada hari Jumat, tanggal 22 April 2016.

Bupati Kabupaten Jayapura, Mathius Awoitauw, SE., M. Si, usai membuka Diklat Pim III dan IV tersebut, mengatakan, Diklat dilaksanakan dengan maksud mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan kepemimpinan yang baik, meliputi pengambilan keputusan, kebijakan dan bersikap sebagai seorang pemimpin pada situasi dan keadaan terjepit.

“Diklat bukan bagian kegiatan rutinitas program SKPD, tetapi, harus digumuli dengan kebutuhan  daerah karena kita persiapkan mereka ini untuk menjadi pemimpin-pemimpin di daerah ini. Jadi wawasan mereka harus lebih luas lagi dan bukan sekedar rutinitas belaka,”katanya.

“Sekarang ini penggunaan  ini harus dimulai dari kampung, maka pemerintah kampungnya sudah mulai arahkan ke pemerintahan adat atau kampung-kampung adat. “Itu artinya, sistem mekanisme apapun yang akan bergerak di kampung ini harus sesuai dengan adat istiadat,”tambahnya.

“Karena itu, kepala-kepala distrik atau pemimpin SKPD harus punya wawasan soal adat istiadat setempat, dan bukan lagi biasa-biasa seperti sekarang,”ucapnya.

“Mengenai tuntutan reformasi birokrasi sekarang, kita sedang menuju kepada pemerrintahan yang bersih dan juga pemerintahan yang melayani publik secara baik serta transparan terbuka, “ujarnya.

“Yang harus dilaksanakan dalam upaya membentuk sosok ASN yang baik, yaitu mereka yang mengikuti Diklat harus diarahkan bahwa ini menjadi suatu gerakan. Disamping itu, harus punya sikap untuk bagaimana bekerja apa adanya yang sesuai dengan Tupoksi dan tidak melampaui batas-batas yang ada,”katanya.

“Agar kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar, guna membangun sikap mental, kepercayaan diri dan kepekaan pribadi setiap individu yang akan berdampak pada kinerja orang serta dalam upaya mencetak sumber daya manausia yang potensial,”harapnya.

[envira-gallery id="4032"]

Tinggalkan Balasan