Dinkes Persiapkan Empat Distrik Tuan Rumah PON

SENTANI, jpr – Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura menyelenggarakan kegiatan rapat kerja Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura. Kegiatan itu diikuti oleh sejumlah perwakilan dari seluruh puskesmas yang ada di Kabupaten Jayapura.
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura, Khairul Lie mengatakan, ada banyak hal yang ikut dibahas dalam kegiatan itu. Salah satu hal yang paling penting yang ikut dibahas dalam kegiatan rapat kerja itu adalah bagaimana kesiapan Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura menjamin suksesnya penyelenggaraan PON 2020 mendatang.
“Sebenarnya ada semboyan di olahraga itu, yakni tanpa ada kegiatan olahraga dimulai tanpa kehadiran tim kesehatan,” kata Khairul Lie kepada wartawan usai melaksanakan rapat kerja di Puskesmas Kampung Harapan Sentani Timur, Rabu (11/9).
Dia menjelaskan, rapat kerja itu sebagai bentuk managerial dari segala program yang akan dikerjakan harus terencana dengan baik, kemudian perencanaan itu dilakukan berdasarkan evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan dan program yang sudah dilakukan tahun-tahun sebelumnya. Kalau ada kendala atau masalah yang ditemui segera dievaluasi dan dicarikan solusinya. Apa lagi kan dalam rangka suksesnya penyelenggaraan event PON XX 2020 Papua, peran pihak kesehatan sangat penting.
Bukan itu saja, upaya pihak kesehatan untuk mendukung PON itu sebenarnya banyak. Seperti, pengendalian penyakit menular, pengendalian lingkungan, pengendalian makanan kemudian bagaimana peran tim kesehatan dalam menjamin gizi para atlet.
“Itu menjadi tanggung jawab bidang kesehatan, sehingga ini yang harus dikoordinasikan dengan baik, untuk mendukung PON itu,” paparnya
Sehubungan dengan itu dalam raker itu juga sekaligus membicarakan dan membahas apa saja yang akan disiapkan, kemudian dianggarkan yang berhubungan dengan kegiatan-kegiatan yang bisa dilakukan Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura.
“Sehubungan dengan hal itu, Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura akan fokus pada beberapa wilayah yang akan dijadikan sebagai tuan rumah PON.
Ada empat distrik yang menjadi tuan rumah PON XX, yakni Sentani, Sentani Timur, Ebaung fao dan Distrik Waibu,” tambahnya.

Tinggalkan Balasan