Distrik Navigasi Kelas II Jayapura Uji Coba KM Aldebaran Sandar di Pelabuhan Depapre

Berita Daerah Ekonomi dan Keuangan infrastruktur Perhubungan

Para pejabat saat berpose bersama usai KM Aldebaran sandar di dermaga Pelabuhan Depapre.
Para pejabat saat berpose bersama usai KM Aldebaran sandar di dermaga Pelabuhan Depapre.

SENTANI, jayapurakab.go.idΒ – Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Kantor Navigasi Kelas II Jayapura mencatat prestasi atas keberhasilan melakukan uji coba dan pemasangan rambu alur masuk kapal, serta memberikan pelayanan sandar kapal di Pelabuhan Peti Kemas Depapre dengan menggunakan KM Aldebaran, Kamis (21/1/2021).

Menurut Kepala Kantor Distrik Navigasi Kelas II Jayapura Budi Setiawan, KM Aldebaran berhasil sandar di Pelabuhan Peti kemas Depapre dan menjadi kapal perdana yang sandar di Pelabuhan Peti Kemas Depapre.

“Kapal kita yaitu, KM Aldebaran tadi pagi bertolak dari pelabuhan pangkalan kita di Jayapura menuju Depapre dalam rangka uji coba sandar di dermaga Pelabuhan Depapre, sebelum nanti akan di sandari oleh kapal Tol Laut KM Logistik Nusantara II,” ujar Budi kepada wartawan media online ini usai simulasi uji coba penyandaran kapal di Pelabuhan Petikemas Depapre, Kamis (21/1/2021) sore lalu.

Selain kegiatan penyandaran perdana kapal KM Aldebaran, Distrik Navigasi Kelas II Jayapura juga melakukan pemasangan rambu alur masuk kapal ke Pelabuhan Depapre.

“Kemudian kami akan memasang lampu suar, untuk penandaan alur masuk ke pelabuhan Depapre ini. Supaya lebih terciptanya keselamatan pelayaran saat kapal yang akan sandar di pelabuhan ini,” ungkapnya.

Budi menuturkan, pemasangan lampu suar di areal Pelabuhan Depapre sebanyak empat unit.

“Kalau sesuai dengan penetapan Menteri Perhubungan itu seharusnya ada 10 titik, tapi untuk saat ini sedang dalam proses pembebasan lahannya dari Pemerintah Kabupaten Jayapura. Jadi sementara kita pasang lampu suar sebanyak empat unit. Satu unit rangkap lima utara, dua unit lampu suar merah dan satu unit lampu suar hijau,” tuturnya.

Budi juga berharap ke depan, kehadiran kapal Tol Laut yang mengangkut barang melalui Pelabuhan Depapre akan mendukung perkembangan ekonomi di wilayah Distrik Depapre, Kabupaten Jayapura.

“Kami berharap dengan dibukanya Pelabuhan Depapre ini, kemudian juga dengan adanya alur pelabuhan yang telah ditetapkan dan sarana prasarana navigasi yang sudah kami pasang akan dapat memberikan kesejahteraan yang lebih baik serta peningkatan perekonomian bagi masyarakat di wilayah Depapre ini,” kata Budi.

Tinggalkan Balasan