Dukung Pariwisata dan PON XX, Sandiaga Uno Beri Bantuan Satu Armada Transportasi Danau

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno saat menyampaikan niatnya untuk membantu Kampung Yoboi dengan satu unit armada transportasi danau dihadapan Kepala Kampung Yoboi Sefanya Wally, usai melakukan penandatanganan penganugerahan 50 Desa Wisata bagi Kampung Yoboi, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Selasa (21/9/2021)

SENTANI, jayapurakab.go.id – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI mendukung sektor pariwisata di Kabupaten Jayapura terlebih khusus mendukung kebutuhan armada transportasi danau Sentani pada pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua Tahun 2021. Salah satu caranya ialah akan membantu satu unit armada speedboat guna menunjang sektor pariwisata di Kabupaten Jayapura khususnya di Kampung Yoboi, pada perhelatan pesta olahraga terakbar di Indonesia ini.

Demikian disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin usai penyerahan Anugerah 50 Desa Wisata Indonesia bagi Kampung Yoboi, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, Selasa (21/9/2021) siang.

“Pada event PON nanti tentunya akan ada banyak tamu yang datang ke Papua, terlebih khususnya para wisatawan mengunjungi Kabupaten Jayapura. Oleh karena itu, sebagai bentuk dukungan kami terhadap PON XX tahun ini, maka dalam waktu dekat kami akan berikan satu unit armada transportasi danau untuk kampung wisata (Yoboi). Yang mana, akan dimanfaatkan saat PON berlangsung nanti,” ucap Sandiaga Uno, dalam sambutannya dihadapan para tamu undang dan masyarakat setempat saat melakukan kunker ke Kampung Yoboi.

Menurut mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini, desa atau kampung wisata seperti ini tentunya akan diserbu oleh para wisatawan, apalagi saat berlangsungnya PON nanti. Untuk itu, dirinya berharap bantuan yang diberikannya itu bisa dimanfaatkan secara baik pada penggelaran PON XX Papua.

“Sebelum PON XX saja, orang-orang sudah memadati kampung wisata ini. Apalagi pada PON nanti yang merupakan agenda Nasional ini. Oleh sebab itu, saya harap apa yang akan diberikan ini bisa dimanfaatkan sebagaimana mestinya,” papar Menteri Sandiaga.

Selain itu, dirinya mengaku, pihaknya segera akan melakukan komunikasi dengan Pemda Kabupaten Jayapura terkait bantuan tersebut. Sehingga dipastikan dalam waktu dekat bantuannya akan tiba dan bisa dipergunakan di Kampung Yoboi untuk menunjang sektor pariwisata saat berlangsungnya PON.

“Pelaksanaan PON tinggal menghitung hari saja. Oleh sebab itu, kami akan upayakan untuk mempercepat proses bantuannya. Supaya bisa dipergunakan masyarakat Kampung Yoboi pada pelaksanaan PON,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Menteri Parekraf mengajak seluruh masyarakat Kampung Yoboi untuk tetap menjaga kearifan budaya lokal. Supaya para wisatawan yang datang bisa mengetahui adat istiadat orang Sentani, yang ditampilkan di Kampung Yoboi. Untuk itu, diharapkan tetap semangat.

“Tentunya, hal ini yang sangat kami harapkan agar dunia tahu, bahwa budaya orang Sentani itu seperti ini. Oleh sebab itu, saya harap kampung wisata ini bisa dijaga dan dimanfaatkan dengan baik demi keberlangsungan hidup masyarakat kampung Yoboi,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Kampung Adat Yoboi, Sefanya Wally mengatakan, pihaknya memberi apresiasi yang tinggi kepada bapa Menteri Sandiaga Uno atas kunjungannya maupun bantuan yang akan diberikannya tersebut.

“Atas nama Kepala Kampung Yoboi, saya mengucapkan banyak terima kasih dan memberikan apresiasi yang tinggi atas perhatiannya kepada kami masyarakat kecil di kampung,” ucapnya.

Kata Sefanya, tentunya bantuan yang akan diterimanya itu, dirinya mengaku akan memanfaatkan sebaik mungkin. Karena menurutnya, bantuan tersebut akan sangat membantu pihaknya untuk mempermudah akses bagi para wisatawan yang datang ke Kampung Yoboi.

“Bantuan armada transportasi danau ini merupakan salah satu hal yang kami keluhkan saat ini. Sehingga tentunya kami akan menggunakannya sebaik-baiknya. Yang mana, untuk mempermudah akses bagi wisatawan kita yang datang ke kampung kami,” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan