Kabupaten Jayapura Mendapat Penghargaan di Bidang Kinerja Pelaksanaan Anggaran 2015

Sentani-JPR  Bupati Jayapura menerima Penghargaan Langsung dari Presiden Joko Widodo terkait penghargaan kepada daerah berprestasi di bidang kinerja pelaksanaan anggaran di Istana Negara Hari Senin 14 Desember 2015.

Daerah-daerah yang menerima penghargaan tersebut juga berhak menerima Dana Insentif Daerah (DID) pada tahun anggaran 2016 yang totalnya mencapai Rp5 triliun.

Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro mengatakan pada 2016, DID diberikan kepada 271 daerah, terdiri atas 28 provinsi, 187 kabupaten, dan 56 kota. Dari jumlah tersebut, sebanyak 66 daerah, terdiri atas 7 provinsi, 48 kabupaten, dan 11 kota  menerima Penganugerahan Daerah Berprestasi penerima DID 2016 di Istana Negara, pada Senin (14/12/2015).

Menurut Menkeu, penghargaan tersebut diharapkan dapat memotivasi setiap daerah untuk meningkatkan kinerja pengelolaan keuangan daerah, memperbaiki pelayanan dasar publik, serta memacu kinerja ekonomi dan kesejahteraan daerah.

Kriteria penilaiannya, adalah telah mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK atas laporan keuangan Pemerintah Daeah 2014, menetapkan Perda APBD 2015 tepat waktu, memenuhi batas minimum nilai kinerja tepat waktu, dan memenuhi batas minimum nilai kinerja yang ditetapkan.

Secara simbolis, penghargaan DID 2016 diserahkan kepada 2 provinsi, 4 kabupaten, dan satu kota yang diwakili oleh Pjs. Gubernur Sumatera Barat Reydonnyzar Moenek, Gubernur Sulawesi Barat Anwar Adnan Saleh, Bupati Jombang Nyono Wihandoko, Bupati Kaur Hermen Malik, Bupati Lamandau Marukan, Bupati Jayapura Mathius Awaitouw, dan Walikota Kendari Asrun.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengungkapkan DID merupakan wujud injeksi atau stimulus dari pemerintah pusat kepada daerah-daerah yang mempunyai prestasi. Jokowi berharap daerah dapat mempercepat pembangunan dan diikuti oleh daerah-daerah lain.

“Sebagai daerah berprestasi, penerima dana insentif daerah 2016. Ini besar, daerah ada yang dapat Rp200 miliar sampai Rp5 miliar, sementara Kabupaten Jayapura mendapat dana injeksi sebesar Rp 38 Milyar.

[envira-gallery id="2629"]

Tinggalkan Balasan