Kampung Wisata Eksotik “Tablanusu”

Sentani-Jpr Lokasi Wisata Tablanusu merupakan salah satu tujuan wisata favorite di Kabupaten Jayapura. Lokasinya terletak di Kampung Tablanusu, Distrik Depapre, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua.Untuk itu Pemerintah Kabupaten Jayapura dan Dewan Adat setempat, menyelenggarakan Festival Bahari Tanah merah (FBTM) di kawasan tersebut setiap tahunnya.

Kata ‘Tablanusu’ sendiri diambil dari 2 kata yaitu, Tepara yang berarti satu suku asli di sana dan Onusu yang berarti pengaturan matahari.

Lokasi wisata ini adalah salah satu tujuan favorit di Papua dan selalu ramai oleh banyak wisatawan pada akhir pekan. Alam yang damai, lokasi nyaman, seaview indah dengan air yang jernih dan ombak yang tenang, dan keramahan warga lokal siap menyambut Anda begitu tiba di Desa Tablanusu.

Ada banyak tempat yang eksotis yang bisa Anda kunjungi di Tablanusu. Anda bisa melakukan trekking hutan bersama dengan warga setempat. Bagi Anda yang menyukai wisata sejarah, Anda bisa melihat sisa-sisa tentara aliansi dari masa Perang Dunia II. Menurut sejarah, Kampung Tablanusu adalah salah satu pangkalan militer untuk aliansi di sisi timur Indonesia. Ada juga sebuah kuburan dekat gereja yang diyakini sebagai salah satu tokoh penting dan berjasa membangun gereja.

Ada banyak prasasti berbentuk salib yang dapat Anda temukan di sini. Menurut masyarakat setempat, salib prasasti itu dibuat untuk menghormati mereka yang membawa ajaran Kristen di Kawasan Teluk Tanah Merah dimana Kampung Tablanusu berada di awal 1990-an.

Di hutan, Anda akan dengan mudah menemukan berbagai jenis hewan endemik dan tanaman yang tumbuh secara alami. Di tengah hutan banyak danau yang penuh ikan air tawar seperti ikan emas, mujair dan bandeng. Anda juga dapat menemukan pantai yang tidak jauh dari desa di mana Anda bisa snorkeling dan menyelam dengan nyaman.

Selain itu ada dua pulau kecil di dekat Kampung yang sangat dianjurkan bila Anda singgah ke Tablanusu. Hanya butuh beberapa menit untuk sampai ke pulau-pulau ini. Di pulau-pulau ini Anda dapat menemukan anggrek khas Papua yang tumbuh indah menawan. Anda juga dapat melihat pemandangan indah dari dua pulau kecil ini.

Soal adat kampung ini pun memiliki ritual unik. Ada beberapa upacara adat Tablanusu yang bisa Anda saksikan seperti Sasi dan Tiyatiki. Upacara Sasi dilakukan dengan menempelkan Suang teko (cabang kayu besi pantai) ke dalam lokasi di mana terdapat banyak ikan yang ditemukan, terutama di daerah terumbu karang. Sedangkan Tiyatiki adalah ritual melarang penangkapan ikan untuk durasi yang disepakati bersama.

Hal lain yang unik dari Tablanusu adalah bahwa hampir semua bagian dari desa seluas 230 hektare ini ditutupi oleh batuan alam yang kecil dan berwarna hitam. Jika Anda berjalan di atasnya maka akan terdengar suara yang khas. Namun bagi warga lokal, mereka memiliki trik agar suara langkah mereka tidak bersuara. Hal inilah yang membuat mereka lebih mudah untuk mengenali pendatang baru atau warga lokal.

Anda tidak hanya dapat menemukan keindahan alam, tradisi eksotisme, keunikan desa dan keramahan warganya, tetapi juga banyak fasilitas. Jika Anda ingin menginap, Anda dapat menyewa rumah-rumah penduduk setempat yang rela akan menyambut Anda di Tablanusu Village.

Bagaimana menuju ke sana

Untuk sampai ke Kampung Wisata Tablanusu, Anda bisa mulai dari Kota Jayapura menuju Sentani yang terletak 33 km jauhnya. Ketika Anda tiba di Sentani, perjalanan Anda terus menggunakan transportasi umum atau mobil sewaan ke Pelabuhan Depapre sekitar 1 jam perjalanan. Dari pelabuhan, Anda perlu menggunakan perahu motor menuju ke Kampung Tablanusa selama sekitar 20 menit, atau melanjutkan perjalanan darat menuju Tablanusu Village.

Tinggalkan Balasan