Kehadiran Dan Kesetaraan Gender Harus Dipahami Semua Lembaga

SENTANI, jpr – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Jayapura melakukan sosialisasi kegiatan pemberdayaan lembaga yang berbasis gender, bagi organisasi pemuda organisasi yang ada di gereja, masjid dan lembaga lainnya yang ada di Kabupaten Jayapura. Kegiatan itu dilakukan dalam rangka agar semua lembaga atau organisasi dapat memahami pentingnya kehadiran dan kesetaraan gender di semua lembaga dan organisasi.
Asiaten I Bidang Pemerintahan Setda Kabupaten Jayapura, Abdul Rahman Basri mengatakan, dengan adanya pembinaan melalui sosialisasi pemberdayaan perempuan dalam rangka peran organisasi-organisasi dan lembaga-lembaga untuk mengikuti berbagai informasi dan juga berbagai kebijakan-kebijakan pemerintah yang dimulai dari pusat Provinsi hingga ke Kabupaten.
“Harapan kami dengan adanya pembinaan sosialisasi tentang gender dan kesetaraan dapat disinergikan secara paralel dengan berbagai perkembangan-perkembangan informasi yang ada sehingga dapat mendorong percepatan penyelenggaraan pemerintahan oleh kaum perempuan,” ungkap A. Rahman Basri kepada wartawan di Sentani, Kamis (10/10).
Dengan adanya pembinaan terhadap lembaga diharapkan bisa memberikan sinergitas kerjasama yang dimulai dari kampung dan distrik. “Karena tolak ukur pemberdayaan perempuan ini berasal dari kampung,” ungkapnya.
Sementara itu PLT Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Jayapura menjelaskan kegiatan itu diselenggarakan sebagai bagian dari pembinaan dari dinas tersebut terhadap lembaga-lembaga yang ada di Kabupaten Jayapura.
“Dengan adanya pembinaan ini kedepannya lembaga turut berpartisipasi dalam mengangkat pengarusutamaan gender di Kabupaten Jayapura,” jelasnya.
Karena pihaknya sadar betul bahwa dinas tidak bisa jalan sendiri dalam rangka mewujudkan kesetaraan gender apabila itu tidak ditopang oleh lembaga-lembaga lainnya yang ada di Kabupaten Jayapura. ” lembaga inilah sebagai perpanjangan tangan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura sebagai pemerhati perempuan dan anak yang ada di daerah ini,” tambahnya.
Sehubungan dengan itu lanjut dia ada juga keterkaitan dinas-dinas terkait seperti Dinas UMKM, Dinas Pertanian, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Bappeda. Kekuatan ini supaya juga menopang Dinas Pemberdayaan untuk bagaimana mengangkat harkat dan martabat perempuan di Kabupaten Jayapura.

Tinggalkan Balasan