KONI Audiensi ke Pj Bupati Jayapura, Sampaikan Laporan Persiapan Pra PON dan PON XXI

Berita Daerah Olahraga

Suasana audiens antara jajaran Pengurus KONI Kabupaten Jayapura dengan Pj Bupati Jayapura Triwarno Purnomo, S.STP., M.Si., di Kediaman Dinas. Kamis, 4 Mei 2023

SENTANI, jayapurakab.go.id – Jajaran Pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Jayapura melakukan audiensi ke Penjabat (Pj) Bupati Jayapura Triwarno Purnomo, S.STP., M.Si., Kamis, 4 Mei 2023.

Tujuannya menemui Pj Bupati Jayapura guna menyampaikan laporan persiapan kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (pra PON) dan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024 yang akan dilaksanakan di Aceh-Sumut.

Rombongan pengurus KONI Kabupaten Jayapura yang dipimpin Ketua Umum KONI Kabupaten Jayapura Mathius Awoitauw ini, ditemui langsung oleh Pj Bupati Jayapura, di kediaman dinasnya, sekitar pukul 09.00 WIT dimulai pertemuan.

“Kemarin minta waktu untuk ketemu, pertama kita sampaikan terima kasih ke pemerintah yang bisa menyediakan waktu secara khusus pak Pj dan tadi pagi sekitar jam 9 kita pertemuan di atas (kediaman dinas),” ungkap Ketua Umum KONI Kabupaten Jayapura Mathius Awoitauw, ketika menjawab pertanyaan wartawan media online ini, Kamis, 4 Mei 2023.

Mantan Bupati Jayapura dua periode ini mengungkapkan, dalam pertemuan itu, pihaknya menyampaikan terkait persiapan kualifikasi (Pra) PON XXI dan PON XXI. Selain melaporkan dua hal tersebut, pihaknya juga menyampaikan telah merekrut atlet-atlet melalui event Pekan Olahraga Kabupaten (PORKAB) II Kabupaten Jayapura tahun 2022 lalu.

“Kita menyampaikan mengenai persiapan Pra PON dan PON XXI, jadi kami di Kabupaten Jayapura melalui KONI sudah rekrut atlet-atlet melalui PORKAB dan juga Cabor-Cabor sudah lakukan koordinasi maupun sudah menggelar latihan untuk persiapan-persiapan menuju Pra PON dan PON XXI nanti,” ungkapnya.

“Kemudian, kita juga tidak berharap banyak untuk provinsi bisa intervensi. Tapi, kita harus berjalan dan tidak boleh menunggu, karena waktu semakin singkat,” tambah MA sapaannya dengan singkat.

MA mengungkapkan, dalam pertemuan tersebut, selain melaporkan persiapan Pra PON dan PON XXI, pihaknya juga menyampaikan terkait rencana melakukan workshop II Tahun 2023 KONI Kabupaten Jayapura.

“Dalam rangka menuju persiapan-persiapan tersebut, kami kembali akan melakukan workshop kedua untuk sport science. Itu nanti kita datangkan narasumber dari Bandung, Jawa Barat yang merupakan daerah olahraga yang berbasis sport science dan diakui di Indonesia. Berbagai narasumber akan datang yakni, ada profesor Purba dan lain-lain saat pelaksanaan workshop kedua nanti,” imbuhnya.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, pihaknya harus serius untuk menuju dalam persiapan-persiapan hingga ke tahun 2024.

“Apalagi kita sudah canangkan Papua sebagai provinsi olahraga, maka itu harus di backup dengan sport science. Nah, di Kabupaten Jayapura tahun lalu kita sudah lakukan workshop pertama dan sekarang kita rencana lakukan workshop kedua untuk agenda-agenda yang lain. Mudah-mudahan di pertengahan bulan Mei ini, KONI Provinsi Papua sekaligus juga akan menyelenggarakan rapat kerja,” jelasnya.

“Supaya apa yang kita persiapkan ini, kita bisa sampaikan di KONI provinsi terkait kesiapan-kesiapan seperti apa, terus persiapan Pra PON maupun PON XXI, baik itu atlet, pelatih maupun perangkat penyelenggara. Bahwa, kita punya database berdasarkan pelaksanaan PORKAB II lalu itu sudah siap dan semua sudah ikut latihan, juga ditambah dengan atlet-atlet yang¬† kemarin ikut berlaga di PON XX lalu. Sehingga gambaran secara umum terkait kesiapan atlet dan perangkat yang lain di daerah ini seperti apa,” tukas Ketua DPW Partai NasDem Papua ini.

Tinggalkan Balasan