Kota Sentani Jangan Hanya Sebagai Kota Transit

SENTANI, jpr – Wakil Bupati Jayapura, Giri Wijayantoro mengatakan, letak Kota Sentani sebagai ibukota Kabupaten Jayapura sangat strategis karena sebagai pintu masuk ke Papua.
“Kita harus syukuri itu. Karena sebenarnya ada banyak keuntungam yang kita dapat,” ungkap Wabup Giri Wijayantoro di Sentani, Kamis (19/9).
Sebagai pintu gerbang masuk ke Papua, setiap harinya tercatat ribuan orang tercatat datang dan pergi melalui Jayapura. Dan ini merupakan potensi besar sebenarnya jika masyarakat bisa melihat adanya peluang bisnis di sana. Tentu sangat disayangkan kalau Kabupaten Jayapura hanya dijadikan sebagai kota transit.
“Misalnya kalau bicara pariwisata, ketika orang hadir di Kabupaten Jayapura, harusnya mereka bisa lebih lama di sini, dengan tujuan mengelilingi tempat-tempat wisata, misalnya ke Ifar Gunung, ada Danau Love dan satu hari lagi ada bisa kunjungi Depapre Pantai Amai. Tentu ini akan membawa keuntungan bagi masyarakatnya,” jelasnya.
Menurutnya, Kabupaten Jayapura sangat luas dan memiliki banyak potensi destinasi wisata alam. Tentunya hal ini sangat mustahil bisa dikunjungi dalam tempo satu hari, kesadaran inilah perlu dibangkitkan bersama. Kata dia, keindahan alam di Kabupaten Jayapura sebenarnya tidak kalah dengan yang ada di Bali dan daerah lainnya di Indonesia. Namun sambung dia, untuk menjadi seperti Bali di Kabupaten Jayapura bukan tidak bisa dilakukan, hanya saja ada kerjasama antara masyarakat dengan pemerintah. Misalnya bagaimana masyarakat menjamin keamanan wisatawan yang berkunjung di sejumlah tempat wisata di Kabupaten Jayapura itu.
“Maka damai menjadi penting, akan merubah nasib kita semua,” bebernya.
Lanjut dia, dalam rangka mewujudkan industri pariwisata yang maju maka harus dimulai dari masyarakat itu sendiri dengan dukungan potensi sumber daya alamnya. Apabila ini disadari dan dikembangkam secara baik maka tentunya tidak disadari masyarakat sudah mampu menciptakan lapangan kerjanya sendiri.

Tinggalkan Balasan