Lima Provinsi Lawan Terberat Tim Atletik PON Papua di PON XX 2021

Coach Tim Atletik PON yang juga Anggota Binpres Pengprov PASI Papua, Alfred Frans Andarek

SENTANI, jayapurakab.go.id – PON XX Papua kurang lebih masih satu bulan lagi. Namun, Tim Atletik PON Papua sudah mulai melakukan pemetaan persaingan.

Padahal di PON XX/2021 di Papua, Tim Atletik PON Papua menargetkan meraih medali emas di delapan (8) nomor pada cabang olahraga (Cabor) Atletik. Untuk sekarang, ada 37 nomor dari 46 nomor yang akan diikuti Tim Atletik PON Papua.

37 nomor yang diikuti diantaranya adalah lempar lembing putra, tolak peluru putra, dasa lomba putra dan lempar cakram putra, kemudian nomor lainnya adalah 100 meter putra/putri, 400 meter putra/putri dan estafet 800 meter.

Pelatih Tim Atletik PON Papua, Alfred Frans Andarek yang di konfirmasi wartawan media online ini usai dirinya memberikan materi pada Pelatihan Teknis Jurnalis Peliputan PON XX Papua tahun 2021, yang diselenggarakan oleh Sekretariat Humas Sub PB PON XX Klaster Kabupaten Jayapura, di salah satu Ballroom Grand Allison Hotel, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Jumat (20/8/2021).

Atlet atletik dari DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera Barat dan Nusa Tenggara Barat (NTB) masih menjadi lawan terberat dari atlet atletik tuan rumah tersebut.

Alfred Andarek mengatakan, atlet atletik PON Papua masih harus waspada dengan atlet-atlet yang berasal dari DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera Barat dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Lawan terberat kami itu ada di DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera Barat dan Nusa Tenggara Barat (NTB). Itulah provinsi-provinsi yang menjadi lawan terberat kami. Tetapi lewat peta kekuatan atletik di Indonesia, mereka masih di atas rata-rata,” terangnya.

Pria yang juga sebagai Anggota Bina Prestasi (Binpres) Pengprov PASI Papua tersebut mengatakan, mereka atau atlit-atlit dari keenam provinsi itu masih di atas rata-rata atlet Atletik PON Papua.

Selain itu, Alfred Andarek mengungkapkan, jika atlet atletik PON Papua ditargetkan meraih medali emas di empat sampai delapan nomor pada cabang olahraga atletik.

“Atlet yang kami siapkan menuju PON XX, yang akan dilaksanakan di tanah Papua pada tanggal 2 sampai 15 Oktober mendatang, itu sebanyak 47 orang atlet dengan jumlah pelatih sebanyak 25 orang,” jelasnya.

Saat ini Tim Atletik PON Papua sedang TC di Kota Jayapura dan tempat akomodasi di Hotel Front One, Waena, Distrik Heram, Kota Jayapura. Kemudian tempat berlatih di Stadion Maha Candra, Fakultas Ilmu Keolahragaan-Universitas Cenderawasih, Waena, Distrik Heram, Kota Jayapura.

Dari delapan nomor, Tim Atletik PON Papua menargetkan meraih medali emas di empat nomor pada cabang olahraga atletik tersebut.

“Kami punya target, itu tadi ada delapan (8) nomor yang menjadi target di PON XX Papua. Tapi, kami optimis untuk bisa mendapatkan medali emas itu ada di empat nomor. Yakni, lempar lembing putra, tolak peluru putra, dasa lomba putra dan lempar cakram putra. Tapi, tidak menutup kemungkinan untuk nomor-nomor lain itu seperti 100 meter putra/putri, 400 meter putra/putri dan estafet 800 meter, yang bisa mengusahakan meraih medali emas,” tukasnya.

Tinggalkan Balasan