Lintas Agama Siap Ramaikan Natal Bersama PGRI dan Dinas PK

SENTANI, jpr – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jayapura bersama organisasi Persatuan Guru Republik Indonesia Kabupaten Jayapura siap menyelenggarakan kegiatan Natal bersama yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

“Yang menjadi keunikan dari kegiatan itu adalah keterlibatan pihak non kristiani atau lintas agama. Bahkan, yang akan menjadi ketua panitia dari kegiatan Natal bersama yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan PGRI Kabupaten Jayapura itu adalah yang beragama muslim.

Ketua panitia Natal bersama dinas PK dan PGRI Kabupaten Jayapura, Purwanto, S.Pd mengatakan, keterlibatan pihak lintas agama dalam kegiatan Natal bersama itu merupakan bentuk dukungan dari PGRI dan Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura terhadap program Bupati Jayapura yang telah mencanangkan Kabupaten Jayapura sebagai zona integritas umat beragama.

Untuk itu kami umat Islam dan PGRI, punya satu inisiatif, kenapa halal bihalal itu dilakukan bersama sedangkan Natal tidak dilakukan. Ini baru pertama kali kegiatan Natal bersama ini dilakukan seperti halal bihalal kemarin,” kata Purwanto kepada wartawan di Sentani, Rabu (11/12).

“Lanjut dia, setelah dikonsultasikan dengan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura dan pihak PGRI akhirnya disepakati yang menjadi ketua panitia dalam kegiatan Natal bersama yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan PGRI Kabupaten Jayapura itu dari yang beragama muslim.

Purwanto mengaku pihaknya sangat mendukung penuh terhadap penyelenggaraan kegiatan Natal bersama yang melibatkan pihak-pihak non Kristiani atau dengan kata lain warga dari lintas agama. Sebab kata dia sebelumnya juga pada acara halal bihalal juga diikuti oleh warga lintas agama dan yang menjadi ketua panitianya yang berasal dari yang beragama Nasrani.

Sebenarnya kegiatan ini yang didahului dengan kegiatan acara halal bihalal, sudah 2 tahun terakhir ini pelaksanaannya digabung semua lintas agama. Untuk halal bihalal itu ketua panitianya kami sepakati dari yang beragama Nasrani,” bebernya.

“Sementara itu, ketua PGRI Kabupaten Jayapura Jimmy Fitowin mengatakan, beberapa tahun lalu Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura telah mencanangkan Kabupaten Jayapura sebagai zona integritas umat beragama.

Dengan demikian maka barisan Guru Republik Indonesia di Kabupaten Jayapura sangat mendukung dan mengimplementasikan dan mewujudnyatakan hal itu.

Salah satunya melalui kegiatan Natal bersama ini dan ada beberapa kegiatan-kegiatan lain juga yang kita lakukan untuk mendukung program dari Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura,” tambahnya.

Tinggalkan Balasan