Papua Tambah Dua Emas dari Matras Judo

Berita Daerah Nasional Olahraga

Judoka putrI Papua Devita Lince (kiri) dan Feronika Melanesya (kanan) menunjukkan medali emas judo nomor Ju No Kata PON Papua di Graha Eme Neme Yauware, Kabupaten Mimika, Papua, Sabtu (2/10/2021). Papua meraih medali emas judo pada nomor Ju No Kata dengan poin 408, sementara medali perak diraih Jawa Tengah dan medali perunggu diraih Jawa Timur ANTARA FOTO/Abriawan Abhe/tom.
Judoka putrI Papua Devita Lince (kiri) dan Feronika Melanesya (kanan) menunjukkan medali emas judo nomor Ju No Kata PON Papua di Graha Eme Neme Yauware, Kabupaten Mimika, Papua, Sabtu (2/10/2021). Papua meraih medali emas judo pada nomor Ju No Kata dengan poin 408, sementara medali perak diraih Jawa Tengah dan medali perunggu diraih Jawa Timur ANTARA FOTO/Abriawan Abhe/tom.

SENTANI, jayapurakab.go.id –¬†Kontingen tuan rumah kembali mendapat tambahan medali pada Pekan Olahraga Nasional 2021 Papua. Dalam laga cabang judo di Graha Eme Neme Yauware, Kota Timika, Kabupaten Mimika, Sabtu (2/10/2021), para judoka Papua tampil perkasa dengan menyabet dua keping medali emas dari final nomor seni Nage No Kata putra dan Ju No Kata putri.

Duet putra Wairifer Bakwab dan Yewi Agus Sudjatminto pada babak final memperoleh skor tertinggi 417 poin. Pada babak penyisihan Sabtu (2/10/2021) pagi, keduanya mengukir nilai 427,5 poin sebagai pembuka jalan menuju babak final.

Di final, pasangan tuan rumah harus bersaing dengan duo Jawa Timur, Suliswanto/Embun Cahyono. Wakil Jatim tersebut mampu membawa pulang perak setelah nilai yang dikumpulkan dari seni peragaan 395,5 poin atau selisih 21,5 poin lebih rendah dari sang juara. Medali perunggu disabet pasangan DKI Jakarta, Kiki Andrian/Muhammad Ramadhan dan mencetak 388,5 poin.

Dalam persaingan merebut perunggu, Kiki/Ramadhan sempat mengukir skor ganda saat bertemu wakil Jawa Barat, Nakim/M. Akbar. Kedua pasangan sama-sama mencetak skor 384,5 poin dan membuat juri memutuskan laga harus diulang dan dimenangkan judoka DKI.

Keping emas lainnya disumbang duet putri DevitaLince/Feronika Melanesya di nomor Ju No Kata. Di partai final berhasil mengungguli judoka Jawa Tengah, Cynthia Trubus/Lie Grace Nathalia dengan skor 402 poin. Duet Jateng Cynthia/Nathalia harus puas membawa pulang perak. Perunggu diboyong judoka Jatim, Ita Rahmawati/Alifia Nur Safitri dengan skor 395,5 poin.

Dari matras judo ini, kontingen tuan rumah hingga hari keempat sudah mengoleksi empat emas, satu perak, dan empat perunggu. Dua emas lainnya diraih judoka Ilham Fadillah dari nomor -55 kilogram putra pada laga Rabu (29/9/2021) lalu. Emas kedua disetorkan judoka putri Desi Rahayu dari nomor -63 kg, Kamis (30/9/2021).

Dalam klasemen sementara judo PON Papua, kontingen Pulau Dewata, Bali masih bertahan di puncak dengan torehan lima emas dan enam perunggu, disusul Jabar selaku juara bertahan judo PON 2016 dengan empat emas, enam perak, dan empat perunggu.  Sedangkan Papua berada di urutan ketiga. Cabang judo akan mengakhiri pertandingannya, Minggu (3/10/2021) dengan menyisakan nomor -73 kilogram, -90 kg, +90 kg putra, dan -57 kg, -70 kg kg, +70 kg putri.

Empat Videotron

Cabang futsal juga akan menyudahi pertandingannya di hari yang sama dengan judo. Laga final mempertemukan tim tuan rumah melawan Jabar, pukul 15.00 WIT. Sebelumnya, pada pukul 12.00 WIT, digelar laga memperebutkan perunggu antara Jatim versus Nusa Tenggara Barat.

Untuk mengurangi dampak membludaknya penonton untuk mendukung tuan rumah dan tim-tim yang berlaga, pihak panitia Sub PON Papua Klaster Mimika bersama Kepolisian Resor Mimika, dan panitia pertandingan membuat kebijakan baru. Laga perebutan perunggu dimajukan dari semula pukul 14.00 WIT menjadi 12.00 WIT karena alasan keamanan. Kemudian panitia akan memasang videotron di empat tempat seperti Kantor Bupati Mimika, Graha Eme Neme Yauware, Pasar Damai, dan Pasar Sentral.

Pada Minggu (3/10/2021) juga akan dimulai pertandingan untuk cabang biliar di GOR SP-5 dan aerosport disiplin terjun payung di lapangan Kantor Bupati Mimika. Caban lain juga akan melanjutkan lomba mereka seperti terbang layang, bola basket, dan panjat tebing.

PON ke-20 Papua telah resmi dibuka Presiden Joko Widodo di Stadion Lukas Enembe, Sabtu (2/10/2021) dihadiri jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju, pimpinan tinggi negara, gubernur seluruh Indonesia, dan para atlet, dan ribuan warga. Pembukaan berlangsung meriah dengan pertunjukan kembang api.

PON 2021 Papua diikuti 7.039 atlet dan 3.576 orang ofisial dari 34 provinsi. Para atlet akan bertanding pada 37 cabang olahraga, 56 disiplin pertandingan, 681 nomor pertandingan. Para olahragawan ini akan memperebutkan 681 medali emas, 681 perak, dan 681 perunggu.

Kontingen DKI sampai Sabtu (2/10/2021) masih memimpin klasemen perolehan medali sementara dengan 28 emas, 15 perak, 21 perunggu. Diikuti tuan rumah Papua dengan torehan 19 emas, lima perak, 13 perunggu.

PON 2021 Papua akan berlangsung hingga 15 Oktober 2021 mendatang dan dilaksanakan dalam empat klaster pertandingan yaitu di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Mimika, serta Merauke. Keseluruhan cabang digelar di 49 venue pertandingan di keempat klaster tersebut. Jabar merupakan juara umum PON 2016.

Penulis: Anton Setiawan
Redaktur: Elvira Inda Sari

Sumber: infopublik.id

Tinggalkan Balasan