Pemberdayaan Petani Menjadi Prioritas Dinas TPH di Tahun 2019

Berita Daerah Pemerintahan dan Aparatur Pertanian

SENTANI, JPR – Memberdayakan para petani di Kabupaten Jayapura dari cara bertani tradisional ke cara bertani modern dan merubah cara pandang bertani untuk tujuan komsumtif menjadi bertani untuk peningkatan ekonomi keluarga akan menjadi salah satu program prioritas dari Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (DPTH) Kabupaten Jayapura tahun 2019.

Demikian dijelaskan Kepala DTPH Kabupaten Jayapura yang juga sebagai mantan Kepala Sekolah SPM Kampung Harapan, Adolf  Yokhu, SP, MM kepada sejumlah media di salah satu Unit Pelayanan Tekhnis Daerah (UPTD) pembibitan buah milik DPTH di Kota Sentani, Selasa (8/1)

Menurutnya, berdasarkan arahan kepala daerah bahwa tahun 2019 Pemerintah Kabupaten Jayapura melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mengarahkan perhatian pembangunan pada upaya-upaya konkrit dalam mengsukseskan hajatan bertaraf Nasional di Papua yakni Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2018.

Berkaitan arahan kepala daerah tersebut, lanjut Yokhu, pihaknya sebagai salah satu OPD memberikan perhatian penuh terhadap pengembangan usah-usaha pertanian rakyat guna memenuhi kebutuhan pangan serta peningkatan ekonomi rakyat pada pekan olahraga terakbar se-Indonesia tersebut.

“Setelah kehadiran staf saya pasca liburan kembali normal, maka selanjutnya saya akan menggelar pertemuan bersama dan mengarahkan untuk mendukung penuh kbeijkan daerah untuk fokus pembangunan pada persiapan PON XX tahun 2020 di Papua,” tegasnya.

Diharapkan, melalui pertemuan tersebut akan terwujud rencana pembangunan yang terarah di semua bidan pada DTPH Kabupaten Jayapura. Demikian juga, para petugas lapangan kembali ke tengah tugas masing di lapangan dapat melanjutkan kebijakan daerah itu.

Dikatakan, masyarakat di kampung-kampung terutama para petani kedepan terus diberdaya guna menjadi petani-petani yang handal dan mampu menghasilkan sayur-sayuran, buah-buahan dan sejumlah kebutuhan pangan lainnya yang bernilai ekonomis tetapi juga tahun 2020 mampu menjadi penyuplai dalam pelaksanaan PON XX.

“Kami juga akan menyiapkan sejumlah sarana dan prasarana penunjang usaha pertanian bagi masyarakat. Dengan demikian, usaha pertanian warga dapat berjalan dengan baik dan memberikan hasil yang maksimal. Terutama dapat memberikan nilai ekonomis bagi petani dari hasil usaha pertanian,” tukasnya.

*YFT)

Tampak Kepala Dinas TPH Kabupaten Jayapura, Adolf Yokhu, SP, MM sedang melakukan training bagi petani putra daerah cara menggunakan mesin tanam di Kampung Berap Distrik Nimbokrang, belum lama ini.

Tampak Kepala Dinas TPH Kabupaten Jayapura, Adolf  Yokhu, SP, MM sedang melakukan traning bagi petani putra daerah cara menggunakan mesin tanam di Kampung Berap Distrik Nimbokrang, belum lama ini.

Tinggalkan Balasan