Pemerintah Pasarkan Aneka Hasil Kebun Petani Melalui Pasar Tani

Pemkab Jayapura melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Hortikultura telah menyediakan pasar tani untuk menjual berbagai jenis komoditas pertanian petani.

SENTANI, jpr – Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Hortikultura telah menyediakan pasar tani untuk menjual berbagai jenis komoditas pertanian yang berasal dari produksi petani lokal di wilayah Kota Sentani dan sekitarnya.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Jayapura, David A. Zakaria, S.pt mengatakan, pasar tani ini menjual sejumlah produk pertanian yang berasal dari para petani lokal. Jika sebelumnya hasil pertanian itu hanya dijual oleh pegawai atau staf dari dinas tersebut kini sejumlah masyarakat dari kelompok pertanian sudah terlibat langsung untuk melakukan pemasaran di kompleks Kantor Bupati Jayapura.

“Sekarang sudah menjual berbagai jenis produk pertanian tidak hanya sayur dan buah-buahan tetapi juga ada olahan-olahan lainnya misalnya aneka jenis kue yang memang diproduksi oleh masyarakat lokal kita,” kata David Zakaria saat diwawancarai wartawan di Sentani, Senin (27/7).

Dia mengaku pasar tani yang digelar oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura itu sangat membantu masyarakat petani khususnya mereka yang saat ini menggarap lahan pertanian yang ada di sekitar wilayah Kota untuk bisa langsung datang menjual hasil kebun mereka di kompleks kantor Bupati Jayapura.

“Memang ini strategi pemerintah supaya mendekatkan pasar ini langsung kepada konsumen dalam hal ini ini seluruh staf dan pegawai yang bekerja di kantor Bupati Jayapura,” ujarnya.

Dia menjelaskan tujuan Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Hortikultura menggelar pasar tani di kompleks kantor Bupati Jayapura itu semata-mata untuk membantu masyarakat petani untuk memasarkan hasil kebun mereka.

Tinggalkan Balasan