Pemkab Jayapura akan Bangun Pelabuhan di Ujung Bandara Sentani

SENTANI, jpr – Bupati Jayapura Mathius Awoitauw SE, M.Si mengatakan dalam rangka mendukung penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) yang mana Kabupaten Jayapura akan menjadi tempat pembukaan dan penutupan Kegiatan nasional tersebut maka Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura telah merencanakan akan membangun 1 satu pelabuhan khusus untuk memperlancar akses transportasi dari bandara menuju tempat utama penyelenggaraan PON 2020.
“Kami akan membangun dalam satu pelabuhan di ujung bandara Sentani untuk akses melalui danau Sentani menuju Stadion Papua bangkit di Kampung Harapan,” ungkap Bupati Mathius dalam kegiatan gebyar PON di Kabupaten Jayapura, Senin (5/8).
Dia mengatakan, pemerintah terus berupaya keras untuk mensukseskan penyelenggaraan PON di Papua 2020 mendatang. Diantaranya sejumlah fasilitas pendukung seperti infrastruktur baik Jalan Jembatan maupun akses transportasi melalui danau Sentani. Diakuinya saat ini kemacetan lalu lintas sudah terjadi di Kabupaten Jayapura khususnya di jalan utama kota Sentani. Untuk hidup sangat dibutuhkan pembangunan ruas jalan alternatif yang menghubungkan bandara Sentani dengan stadion utama Papua bangkit di Kampung Harapan.
“Sekarang saja sudah mulai macet sehingga berbagai upaya terus dilakukan oleh Pemerintah Daerah Provinsi hingga ke Pemerintah Pusat” ungkapnya.
Pemerintah pun memprediksi pada penyelenggaraan nanti kemacetan lalu lintas di Kabupaten Jayapura khususnya di sekitar kota Sentani diprediksi cukup parah hal ini apabila tidak didukung dengan pembangunan atau pekerjaan ruas jalan alternatif. Selain ruas jalan alternatif yang dibangun Pemerintah Daerah juga sudah menyiapkan dua unit kapal yang akan digunakan di danau Sentani dan dua kapal lainnya akan didatangkan dari pemerintah pusat.
“Kami juga akan berkoordinasi dengan Provinsi supaya bisa menambahkan sarana transportasi di danau Sentani,” tambahnya.

Tinggalkan Balasan