Pemprov Papua Serahkan Bantuan Logistik untuk Korban Banjir Kabupaten Jayapura

Berita Daerah Ketahanan Pangan

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Papua, Welliam Robert Manderi, S.IP., M.Si., ketika secara simbolis menyerahkan bantuan logistik kepada Sekda Kabupaten Jayapura, Dra. Hana S. Hikoyabi, S.Pd., M.KP., di Halaman Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Selasa (11/1/2022) sore.

SENTANI, jayapurakab.go.id – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua menyerahkan bantuan logistik penanggulangan bencana untuk korban banjir di Kabupaten Jayapura, Selasa (11/1/2022).

Bantuan logistik yang diserahkan BPBD Provinsi Papua itu selain berupa kebutuhan pokok seperti beras, minyak goreng, mie instan, gula pasir, kopi bubuk, susu kental manis, garam, kecap manis, daun teh, ikan kaleng dan corned, juga ada selimut, paket kesehatan keluarga, paket rekreasional serta masker medis dan masker merah putih.

Penyerahan bantuan diserahkan langsung oleh Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Papua, Welliam Robert Manderi, S.IP., M.Si, kepada Pemerintah Kabupaten Jayapura yang diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jayapura, Dra. Hana S. Hikoyabi, S.Pd., M.KP, di Halaman Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Selasa (11/1/2022) sore.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Penanggulangan Bencana Daerah (Kasatpol PP dan PBD) Provinsi Papua, Welliam Robert Manderi menyebutkan, bantuan ini diberikan oleh Pemerintah Provinsi Papua kepada warga yang terdampak bencana banjir dan tergenang air di Kabupaten Jayapura melalui Pemkab Jayapura.

“Harapan kita ini bukan melihat banyak dan sedikit, dari bantuan ini tapi bagaimana apresisasi dari Pemerintah Provinsi Papua (dalam hal ini) bapak Gubernur memberikan ini kepada mesyarakat yang terkena bencana ini,” kata Welliam Manderi usai menyerahkan bantuan di Kantor Bupati Gunung Merah, Sentani, Selasa, (11/1/2022).

Lebih lanjut Welliam mengatakan, sebelumnya juga telah menyerahkan bantuan kepada Pemkot Jayapura. Selain Kota Jayapura dan Kabupatena Jayapura, pihaknya saat ini tengah menyiapkan logistik untuk dikirimkan ke Nabire dan Mimika. Karena dampak cuaca ekstrim beberapa hari lalu, menyebabkan 4 daerah terdampak, yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura Nabire dan Mimika.

Sementara itu, Sekda Kabupaten Jayapura, Dra. Hana S. Hikoyabi, S.Pd., M.KP, mengungkapkan, bantuan logistik yang telah diterima ini akan dialokasikan kepada warga yang sangat membutuhkan saat ini, seperti di distrik Sentani juga Nimbokrang yang terkena bencana.

“Tentu kita akan sesuaikan dengan data, kalo kemarin kita dapat data 666 penduduk yang terdampak. Maka bantuan ini akan kita lakukan kepada masyarakat yang kena bencana, baik di BTN Gajahmada Sentani maupun Nimbokrang dan lokasi lain sesuai dengan data yang masuk kepada kita,” ujar Sekda.

Untuk diketahui, Pemerintah Kabupaten Jayapura telah melakukan sejumlah langkah penanggulangan bencana di kabupaten Jayapura saat terjadi bencana banjir (7/1/2022) lalu dengan menurunkan tim relawan bersama dengan tim SAR Jayapura melakukan pendistribusian bantuan logistik dan evakuasi warga terdampak banjir kali ini.

Pemkab Jayapura juga telah menyiapkan posko pengungsian di kedua lokasi terdampak banjir, lengkap dengan dapur bersih untuk memenuhi kebutuhan warga di pengungsian.

Tinggalkan Balasan