Penjagal Harus Perhatikan Kesejahteraan Hewan Kurban

SENTANI, jpr – Sebelum pelaksanaan Idul Adha Pemda Jayapura melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan melaksanakan sosialisasi kesejahteraan hewan kurban bagi para penjagal yang ada di Kabupaten Jayapura. Kegiatan itu bertempat di lantai 1 kantor bupati Jayapura, Kamis (8/8).
Wakil bupati Jayapura Giri Wijayantoro, meminta kepada seluruh penjagal di Kabupaten Jayapura agar harus memperhatikan kesejahteraan hewan korban sebelum dipotong. Sosialisasi kesejahteraan hewan kurban ini bertujuan untuk menginformasikan kepada seluruh penjagal agar benar-benar memastikan hewan kurban yang hendak dipotong harus memperhatikan kesejahtraan hewan, mulai dari sisi kesehatannya, masalah kebersihan. Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini, para penjagal bisa paham dan mengerti bagaimana memotong hewan kurban.
“Untuk kegiatan hewan kurban setiap masjid sudah ada panitia khususnya, tugas pemda Jayapura untuk mengawasi pelaksanaanya,” beber Giri Wijayantoro kepada wartawan usai membuka kegiatan sosialisasi kesejahtraan Hewan di Kantor Bupati Jayapura, Kamis (8/8).
Pengawasan itu akan dilakukan sebelum hari raya hingga pelaksanaannya. Pemerintah memastikan hewan kurban yang akan dikonsumsi saat Idul Adha nanti harus layak dan tentunya kualitas daging hewan kurban bebas cacing dan penyakit lainnya. Untuk memastikan itu, Pemerintah Daerah melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Jayapura melibatkan tenaga kesehatan hewan sebanyak 20 orang dan dokter hewan 3 orang disiagakan.

Tinggalkan Balasan