Peringatan Hari TB Sedunia 2017

Berita Daerah Kependudukan Kesehatan Pemberdayaan Kampung Pemerintahan dan Aparatur

Sentani, Jpr – Peringatan Hari Tuberculosis (TB) sedunia pada tanggal 04 April 2017, kali ini diperingati oleh Pemerintah Kabupaten Jayapura di Distrik Sentani Timur. Acara yang berlangsung di halaman Kantor distrik tersebut, dibuka oleh Bupati Jayapura yang di wakili oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Abdul Rahman Basri, S.Sos., MKP.

Hari Tuberkulosis Sedunia (HTBS) tahun ini mengambil tema  “GERAKAN MASYARAKAT KABUPATEN JAYAPURA MENUJU INDONESIA BEBAS TUBERCULOSIS‘’ meskipun penemuan bakteri ini sudah 135 tahun yang lalu sampai saat ini bakteri tersebut masih ada di dunia dan belum ada satu negarapun yang berhasil bebas dari Tuberculosis.

Dalam sambutan Bupati Jayapura yang dibacakan oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Kabupaten Jayapura mengharapkan, bahwa semua harus paham penyakit ini dan penyuluhan harus terus digalangkan sampai ke kampung-kampung dengan berbagai pendekatan dan metode yang sesuai sehingga penyakit Tuberculosis tersebut betul-betul dapat dipahami dengan baik oleh semua unsur masyarakat.

“Sesuai data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura bahwa Kabupaten Jayapura pada tahun 2016 berhasil menemukan kasus TB sebanyak 840 yang pengobatannya akan dievaluasi pada tahun 2017 ini, sesuai pesan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam RAKERKESNAS 2017 tentang 10 pesan kesehatan Jokowi yaitu, (1). Kesehatan sangat fundamental,(2). Gizi investasi bangsa, (3). Berantas penyakit menular, (4). Utamakan pencegahan, (5). Gerakan hidup sehat, (6). Sinergitas antar kementerian dan lembaga, (7). Manajemen dan anggaran pusat-daerah, (8). Hentikan merokok, (9). Pendekatan keluarga, (10). Reformasi birokrasi,” jelasnya.

“Selama ini di Distrik Sentani Timur untuk menemukan penderita penyakit TB dengan metode toki pintu yaitu adalah datang kerumah penduduk-penduduk yang dilakukan langsung oleh Kepala Distrik Sentani Timur beserta Para Kader TB di Distrik sentani Timur”, tutupnya.

Pada kesempatan tersebut Pemerintah Kabupaten Jayapura Juga memberikan Penghargaan kepada para kader yang sudah bekerja dengan baik dalam memerangi penyakit Tuberculosis di Kabupaten Jayapura yang di serahkan oleh Bupati Jayapura yang di wakili Asisten I Bidang Pemerintahan Abdul Rahman Basri. Penghargaan ini juga sebagai ucapan terima kasih kepada para kader TB di Kabupaten Jayapura yang telah membantu masyarakat menemukan dan mengawasi penderita TB sampai sembuh.

Tinggalkan Balasan