Pertandingan Baseball Putra Membuka PON XX Papua 2021 di Klaster Kabupaten Jayapura

Pemukulan bola pertama oleh Bupati Jayapura yang juga Ketua Umum Sub PB PON XX Klaster Kabupaten Jayapura, Mathius Awoitauw, SE., M.Si, untuk pembukaan Pertandingan perdana PON XX Papua, diawali dengan Pertandingan Baseball antara tim baseball putra Banten vs Jawa Barat, di Lapangan Marthen Indey, Lanud Silas Papare, Kemiri, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Kamis (23/9/2021)

SENTANI, jayapurakab.go.id – Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua di Klaster Kabupaten Jayapura diawali dengan pertandingan baseball pada tahun 2021. Laga yang mempertemukan antara tim baseball putra Banten berhadapan dengan tim baseball putra Jawa Barat itu berlangsung di Stadion Marthen Indey, Lanud Silas Papare, Kemiri, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Kamis (23/9/2021).

Sebagai laga perdana, diawali dengan seremoni yang ditandai dengan pemukulan bola pertama oleh Bupati Jayapura yang juga Ketua Umum Sub PB PON XX Klaster Kabupaten Jayapura, Mathius Awoitauw, SE., M.Si, dengan pelempar bolanya adalah Ketua KONI Pusat, Letjen TNI (Purn) Marciano Norman.

Di laga perdana ini juga dihadiri Wakil Ketua Umum (Waketum) II Pdt. Alberth Yoku, S.Th dan Ketua Umum Pengprov Perbasasi Papua, Jan Jap L. Ormuseray.

Ketua KONI Pusat, Marciano Norman mengemukakan, harapannya untuk kebangkitan olahraga baseball di tanah Papua, karena telah memiliki lapangan yang besar dan megah di kawasan Lanud Silas Papare.

“Anak-anak Papua bisa memanfaatkan fasilitas ini dengan sebaik-baiknya,” ungkap Marciano Norman kepada wartawan usai membuka pertandingan, Kamis (23/9/2021).

Ditegaskannya, yang penting adalah kehadiran tujuh tim baseball dari berbagai provinsi di Indonesia yang siap bertanding.

“Mereka adalah tim yang lolos dari pra kualifikasi PON dan mereka adalah tim terbaiknya Indonesia,” cetusnya.

Kehadiran mereka, jelas Marciano, merupakan bagian dari bagaimana Indonesia ingin menunjukkan prestasi di masa pandemi Covid-19.

“Saya memberikan apresiasi kepada Bapak Bupati Jayapura, beserta Danlanud Silas Papare atas kerja kerasnya, yang memungkinkan pertandingan Pekan Olahraga Nasional hari ini merupakan pertama dimulai di Kabupaten Jayapura,” ujarnya.

Sementara itu di tempat yang sama, Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE., M.Si, mengucapkan rasa syukurnya, karena pelaksanaan PON XX di Papua yang menjadi satu sejarah penting tersebut bisa dimulai dengan sukses.

“Semangat dan komitmen kami di daerah untuk suksesnya PON tidak pernah mundur. Dan, kami yakin PON XX di Papua akan sukses,” ungkapnya.

Pria yang juga Ketua Umum Sub PB PON XX Klaster Kabupaten Jayapura itupun menyampaikan terima kasihnya kepada Bapak Presiden RI Joko Widodo, Pemerintah Pusat dan secara khusus KONI Pusat yang begitu serius mendampingi panitia penyelenggara PON di daerah sampai terselenggaranya pertandingan perdana dengan baik. “Meski di tengah situasi pandemi Covid-19. Ini sebelumnya kita susah bayangkan,” ujarnya.

Hal itu, kata Bupati Mathius, dengan melihat dari keterbatasan akses maupun hal-hal lainnya.

“Tapi luar biasa pendampingan, kerja sama Pemerintah Pusat dan daerah, itu semua kita bisa lihat hari ini. Bahwa, anak-anak kita bisa datang dari seluruh persada nusantara, merasakan mereka seperti di rumah sendiri, tidak ada keraguan, bahwa mereka bisa melakukan apapun bebas di sini,” tuturnya.

Hal itu, lanjut Bupati Jayapura dua periode itu, berarti bahwa Papua menjunjung tinggi persaudaraan, juga sportifitas dan prestasi yang akan dibuktikan. Meskipun dalam segala keterbatasan.

Tinggalkan Balasan