Prestasi Olahraga Usia Dini, Salah Satu Implementasi Kebijakan Kabupaten Ramah Anak

Bupati Jayapura bersama Tim U14

Sentani, Jpr- Setelah beberapa kali Tim Sepakbola Usia Remaja Kabupaten Jayapura menjuarai berbagai turnamen, membuktikan bahwa pembinaan usia dini Kabupaten Jayapura cukup berhasil. Hal ini berkaitan dengan Kebijakan Bupati Jayapura menjadikan Kabupaten Jayapura sebagai Kabupaten Ramah Anak.

Bupati Jayapura menerima piala U-14Salah satu implementasi kebijakan Pemerintah Kabupaten Jayapura tersebut adalah mendorong pembinaan olah raga dalam beberapa tahun belakangan ini sampai kedepannya nanti akan lebih fokus pada pembinaan usia dini dari pada pembinaan olahraga profesional, karena ini sejalan dengan program dan kebijakan Pemerintah Kabupaten Jayapura tentang kabupaten layak anak atau kabupaten ramah anak.

Hal tersebut ditegaskan Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, SE, M,si ketika menerima tim sepak bola U-14 Kenambai Umbay Kabupaten Jayapura setelah berhasil menjuarai turnamen sepak bola pelajar U-14 wilayah Papua tahun 2019 dengan berhasil mengalahkan semua lawan-lawannya.

Menyikapi prestasi terbaik dari tim sepak bola U-14 Kenambai Umbay Kabupaten Jayapura yang sudah ditunjukan selama ini dimana selama 5 tahun berturut turut selalu tampil juara I pada turnamen sepak bola U-14 untuk zona Papua sehingga otomatis Tim U-14 Kabupaten Jayapura selama 5 tahun berturut turut juga selalu mewakili Papua pada turnamen sepak bola perebutan piala Menpora.

Bupati Jayapura Mathius Awoitauw menyatakan bangga dengan prestasi yang diraih tim sepak bola U-14 Kabupaten Jayapura ini ditambah lagi dengan Timnas Indonesia yang bermain di Portugal beberapa hari lalu dimana pemainnya didominasi atlet dari Kabupaten Jayapura ini adalah kebanggaan kita semua.

Dengan demikian ujar Bupati Mathius ini menjadi salah satu indikator jika program Kabupaten Layak Anak dan Kabupaten Ramah Anak yang dikembangkan Pemerintah Kabupaten Jayapura dianggap berhasil.

Dalam sambutannya pada apel pagi tersebut, Mathius Awoitauw mengatakan bahwa, “Kita memang tidak memprioritaskan Tim Sepak bola Profesional Persidafon, karena tidak bisa lagi dibiayai dengan APBD, apalagi untuk mengembangkan klub sepakbola profesional membutuhkan dana yang cukup besar. jadi kita akan lebih fokus pada pembinaan usia dini”.

Sementara itu tim sepak bola U-14 Kenambai Umbay Kabupaten Jayapura tahun ini kembali akan mewakili Papua pada turnamen sepak bola Piala Menpora yang akan mulai bergulir pertengahan Agustus 2019 di Solo Jawa Tengah. (ddy)

Tinggalkan Balasan