Program Kerja di Setiap OPD Harus Terintegrasi

SENTANI, jpr – Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Jayapura, Jhon Wiklif Tegai menjelaskan, sesuai arahan dan petunjuk Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, SE, M.Si, semua organisasi perangkat daerah (OPD) dalam menjalankan program dan kegiatan di masing-masing OPD harus dilangsungkan secara terintegrasi.
“Arah pembangunan sesuai petunjuk dan arahan Bupati Jayapura, kegiatan bersifat ego sektoral atau kegiatan dilakukan secara terpisah tidak lagi menjadi prioritas karena semua program dan kegiatan harus dilangsungkan secara terintegrasi,” kata Jhon Wiklif Tegai kepada koran ini, Jumat (6/9).
Dia menjelaskan, misalnya ada program prioritas yang akan dilakukan dengan leading sektor tertentu maka kemudian semua OPD harus terlibat dalam mendukung sektor itu, salah satunya sektor pariwisata kemudian dalam rangka untuk Go Adipura, PON 2020 dan rencana Bali 11.
“Semangat ini yang jadi kekuatan kita untuk bagaimana pariwisata menjadi leading sektor. Kemudian didukung oleh semua sub sektor lain seperti koperasi UMKM, Perindag, pertanian, perikanan, kemudian lingkungan hidup, dinas perumahan PUPR, kemudian pertanahan, jadi semua harus punya kontribusi,” paparnya.
Lanjut dia, kontribusi dimaksud dalam rangka mengembangkan sektor kepariwisataan di Kabupaten Jayapura, yang tentunya setelah ada kerjasama dengan OPD lain diluar OPD teknis.
Karena apabila tidak didukung lintas sektor maka sudah dipastikan OPD pariwisata tidak akan mampu bekerja guna mewujudkan pariwisata secara maksimal.
“Tetapi akan berbeda apabila ada dukungan dari OPD lain,” bebernya.
Lebih jauh dia mengatakan, sesuai arahan Bupati, setiap OPD teknis yang memiliki program prioritas harus dikoordinasikan dengan OPD lainya, hal ini guna saling terintegrasi dalam bentuk penyediaan anggaran. Karena akan lebih meringankan apabila sebuah program prioritas dikerjakan dengan adanya dukungan dari OPD lain.
“Kalau tidak sulit dan butuh waktu lama. Karena program itu bisa berjalan kalau ada dukungan dalam hal ini dari OPD lintas sektor,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan