RSUD Yowari Gunakan Dana Otsus Untuk Pengadaan Obat dan Alkes

Berita Daerah Kesehatan Otsus

Nampak pengadaan obat dan vaksin yang sudah terealisasikan.

SENTANI, jayapurakab.go.id – Selain menggunakan dana otsus untuk rehab beberapa ruangan seperti UGD, ruangan jenazah, dan neurologis, RSUD Youwari juga membelanjakan dana otsus sumber spesifik gren untuk belanja obat dan Alat Kesehatan (Alkes). Hal ini dilakukan semata guna mempercepat peningkatan derajat kesejahteraan di Papua khususnya Kabupaten Jayapura menggunakan dana otonomi khusus jilid II tahun anggaran 2022.

Untuk diketahui Rumah Sakit Umum Daerah Yowari Kabupaten Jayapura mendapatkan dana otsus sebesar 3 milyar lebih, dana tersebut dibagi menjadi 2 bagian yaitu yang pertama untuk block grand sebesar 1 milyar dan spesifik grand sebesar 2 milyar lebih.

Direktur RSUD Yowari Kabupaten Jayapura Petronella M. Risamasu saat diwawancarai mengatakan untuk spesifik grand ada 2 kegiatan belanja dari anggaran otsus yaitu belanja alat kesehatan rehabilitasi medis dan alat kedokteran umum lainya.

β€œUntuk realisasi fisik dan keuangannya sudah mencapai 100 persen untuk pengadaan obat dan vaksin sampai saat ini sudah terealisasi fisik sebesar 100 persen. Khusus untuk obat-obatan itu sendiri dari dana otsus dimanfaatkan untuk pembelian 3 jenis obat yaitu obat albumin, obat nitroimidazole dan paracetamol,” jelasnya.

Dirinya menambahkan bahwa untuk secara keseluruhan dari dana otsus yang diberikan kepada RSUD Yowari belum dapat menjawab seluruh kebutuhan para pasien namun pihaknya tetap akan mengoptimalkan pelayanan agar bisa melayani masyarakat dengan baik.

Tinggalkan Balasan