Pencanangan Kampung Necheife, Distrik Ravenirara sebagai Kampung Adat

Bupati Jayapura beserta beberapa Kepala SKPD berkesempatan melakukan kunjungan ke Kampung Necheife, Distrik Ravenirara, sekaligus meresmikan Kampung Necheife sebagai Kampung Adat, atau kampung dengan system pemerintahan adat..

Bupati Jayapura, Mathius Awaitouw SE, M.Si,  dalam sambutannya mengatakan  dengan telah dicanangkannya kampung Necheife sebagai Kampung adat, maka kampung ini harus bisa menyuarakan bahwa mereka mampu membangun kampung dengan cara-cara lokal, dengan kearifan-kearifan lokal yang kita miliki, oleh karena itu persatuan dan kesatuan harus dibangun demi masa depan.

Kampung adat ini bukan saja akan berubah dalam struktur tapi juga dalam pengelolaan pembangunan. karena itu, hari ini kita canangkan secara adat berarti kita akan mengelola pembangunan di sini sesuai dengan tata adat rumah klen itu sendiri, kita tidak akan membangun kelompok-kelompok baru lagi. kekuatan dalam klen tata rumah itu sudah yang menjadi kekuatan kampung ini dan kepala-kepala suku yang ada di kampung ini akan menjadi pemimpin yang ada di kelompok atau komunitas itu..

‘Kampung Adat yang kita canangkan ini  harus dipersiapkan supaya kekuatan yang ada tetap dengan keasliannya, demikian pula dengan program-program pendidikan dan kesehatan serta ekonomi kerakyatan harus menjadi program-program prioritas di kampung ini.

[envira-gallery id="1968"]

Tinggalkan Balasan