Server dibuka, Layanan di DISDUKCAPIL Mulai Berjalan

SENTANI, jpr – Pelayanan masyarakat di Dinas Kependudukan Catatan Sipil (disdukcapil) Kabupaten Jayapura akhirnya kembali normal setelah Dirjen kependudukan dan Catatan Sipil Kemendagri memutuskan jaringan server ke disdukcapil Jayapura pasca, Bupati Mathius Awoitauw dilantiknya penyebab baru di dinas tersebut.
“Pelayanan sudah mulai kembali dilakukan sejak beberapa hari yang lalu,” ungkap Meysio salah satu pegawai di dinas tersebut saat dihubungi Cenderawasih Pos melalui sambungan teleponnya, Jumat (20/9).
Dia menjelaskan untuk pelayanan saat ini yang bisa dilakukan mulai dari pencetakan KTP perekaman KTP pindah masuk dan pindah ke luar kecuali penandatanganan dokumen yang belum bisa dilakukan oleh pejabat baru.
“Kami sedang di Jakarta dan sedang dilakukan koordinasi oleh bapak bupati dengan dirjen,” jelasnya.
Sementara itu berdasarkan pantauan lapangan koran ini, sejumlah warga tampak mendatangi kantor tersebut untuk mengurus sejumlah dokumen kependudukan. Meski pelayanan mulai normal namun jumlah kunjungan masyarakat masih tergolong normal karena tidak ada antrian panjang saat pelayanan berlangsung.
“Biasanya jam pelayanan hari Jumat kadang diundur sampai jam 10.00, tapi kadang juga ada petugas disana. Karena ada kerja bakti kalau pagi hari, biasanya begitu,” tambah Meysio.
Sementara itu, Marlan salah satu pengunjung mengaku, senang dengan kembali aktifnya pelayanan di Disdukcapil Jayapura itu. Pihaknya berharap, masalah yang sama tidak perlu terulang kembali sehingga pelayanann kepada masyarakat tidak boleh terhambat.
“Ini ada yang mau ajukan pinjaman, mau pindah penduduk, ada juga yang mau cari kerja. Semuanya membutuhkan KTP, kalau layanan terhenti pasti masyarakatlah yang dirugikan,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan