Disbunak Siapkan 600 ekor Sapi Dukung PON

SENTANI, jpr – Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Jayapura menyiapkan 600 ekor sapi milik masyarakat di sejumlah wilayah di Kabupaten Jayapura dalam rangka mendukung penyelenggaraan kegiatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020.

“Jadi untuk sapi ini setahun dua tahun kemarin kita siapkan 200 sampai 400 ekor sapi. Jadi kita target pada saat Pon nanti kita siapkan sapi sekitar 500 sampai 600 ekor, dengan estimasi untuk 1 ekor itu 100-200 kg daging,” ungkap Kepala Dinas perkebunan dan peternakan Kabupaten Jayapura, Dody Samyana saat ditemui wartawan, Selasa (14/1).

Dalam hal ini yang ada di masyarakat saat ini pihaknya fokus untuk melakukan penggemukan. Selain itu pihaknya juga mengumpulkan peternak-peternak yang ada di kampung-kampung untuk bisa turut terlibat mensupport kegiatan nanti. Selain itu pihaknya juga menyiapkan stok daging ayam dan telur untuk kelancaran konsumsi selama kegiatan tersebut.

“Kalau ayam ini berasal dari pengusaha swasta lokal ada juga dari pengusaha-pengusaha lokal dan ada juga pengusaha-pengusaha yang dari luar itu jumlahnya juga cukup banyak. Untuk kebutuhan telur berdasarkan hasil perhitungannya saat ini untuk kebutuhan sehari-hari 7 diperkirakan kebutuhan konsumsi mencapai 4000 sampai 5000 butir telur.

Namun untuk kebutuhan telur ini pihaknya juga sementara berkoordinasi dengan dpmk supaya bisa sa menggerakkan kampung-kampung untuk membudidayakan ayam petelur dengan menggunakan pendanaan dana kampung yang dikeluarkan oleh pemerintah saat ini.

“Ini kami bersama DPMK kita Kawal Terus kalau seandainya kampung itu tidak bergerak misalkan Saya cukup 100000 ekor setiap kampung itu mana kita mungkin susah untuk memenuhi target,” katanya.

Di satu sisi tegaknya juga berharap agar pihak bank bisa memberikan bantuan pendanaan atau permodalan untuk setiap kampung khususnya untuk kampung yang sudah siap atau ternaknya yang sudah ada perlu dikembangkan lagi.

“Kalau 1.000 sampai 2000 ekor barangkali bisa bisa ditingkatkan lagi karena target kita itu Rp60.000 butir telur itu bisa tercapai,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan