Sosialisasi, Bimtek, Dan Seminar Nasional e-Government Pemkab Jayapura Tahun 2015

Sentani – JPR. Bupati Jayapura Mathius Awaitouw, SE. M.Si membuka acara Sosialisasi/Seminar e-Government Nasional dan BIMTEK Operator Teknis Pengelola e-Government SKPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Jayapura di aula lantai II kantor Bupati Gunung Merah Sentani pada tanggal 24 – 26 November 2015.

Seminar Nasional, Sosialisasi e-Government di lingkungan Pemerintah Kabupaten Jayapura dihadiri oleh Dirjen Penyelenggara POS dan Informatika KOMINFO Bapak Marvels Situmorang, Ketua APTIKOM Pusat Bapak Prof. Ir. Zainal A. Hasibuan, Ph.D, Perwakilan dari Diskominfo Provinsi Papua, Ketua Detiknas Provinsi Papua, Ketua APTIKOM Provinsi Papua, para Kepala SKPD dan peserta BIMTEK pengelola e-Government SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Jayapura.

Bupati Jayapura Mathius Awaitouw, SE. M.Si berharap Kabupaten Jayapura dapat memanfaatkan sistem berbasis IT dengan sejumlah aplikasi yang sementara sedang dikerjakan, dan mudah- mudahan dapat diwujudkan dengan baik. Adapun beberapa bidang yang sudah menggunakan sistem berbasis IT yaitu Bappeda, BPKAD (SIMDA berbasis akrual), pengadaan barang dan jasa (LPSE), absen digital (fingerprint) dan perizinan yang mekanismenya menggunakan berbasis IT.

Pada kesempatan tersebut juga, Dirjen Penyelenggara POS dan Informatika KOMINFO Bapak Marvels Situmorang mengatakan, Pemerintah Kabupaten Jayapura dapat membuat suatu agenda sendiri untuk meningkatkan e-Government dan target yang diharapkan adalah bagaimana dukungan pemerintah pusat terhadap daerah yang menerapkan e-Government. Menurutnya, banyak hal yang dilakukan tetapi dalam hal ini ada dua garis besar yaitu ketersediaanya infrastruktur, layanan dan Sumber Daya Manusia (SDM). Pemerintah pusat khususnya KOMINFO membantu daerah karena ada program penyedia infrastrukturnya melalui Program ISO. Namun penerapan aplikasi ini harus dijalankan oleh SDM di daerah tuntutannya.

[envira-gallery id="2435"]