Wakili Kabupaten Jayapura dan Papua di STQN XXVI 2021, Fatihah Azzahra Raih Juara Pertama

Berita Daerah Nasional Olahraga

Ketua LPTQ Kabupaten Jayapura, Abdul Rahman Basri saat berpose bersama dengan para pemenang lomba STQ XXVI Tingkat Nasional. Tampak pemenang asal Kabupaten Jayapura yang mengenakan jilbab merah (kedua dari kanan)
Ketua LPTQ Kabupaten Jayapura, Abdul Rahman Basri saat berpose bersama dengan para pemenang lomba STQ XXVI Tingkat Nasional. Tampak pemenang asal Kabupaten Jayapura yang mengenakan jilbab merah (kedua dari kanan)

SENTANI, jayapurakab.go.id – Fatihah Azzahra, perwakilan Kabupaten Jayapura yang mewakili Provinsi Papua di ajang Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) XXVI Tingkat Nasional yang digelar sejak 16 hingga 22 Oktober 2021, di Kota Sofifi, Maluku Utara.

Hasil yang diraih Fatihah Azzahra sangat membanggakan bagi kontingen Papua, khususnya bagi Kabupaten Jayapura. Karena ada 13 peserta dari kabupaten/kota di Provinsi Papua yang mengikuti STQN XXVI tahun ini, namun Fatihah yang merupakan perwakilan Bumi Kenambai Umbai ini satu-satunya yang berhasil menembus babak final dan meraih peringkat pertama di ajang STQN XXVI. Sebelumnya, Fatihah Azzahra juga pernah meraih juara satu di ajang tingkat Provinsi Papua.

Ketua LPTQ Kabupaten Jayapura, Abdul Rahman Basri mengatakan, capaian yang berhasil diturunkan oleh Qoriah tersebut merupakan capaian dan prestasi yang luar biasa. Karena, yang bersangkutan berhasil mengharumkan nama Kabupaten Jayapura khususnya dan Papua pada umumnya di level Nasional.

“Jadi, peserta kita dari Kabupaten Jayapura masuk 10 besar terbaik dan dia menjadi juara satu terbaik tingkat Nasional,” kata Abdul Rahman Basri yang juga Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Jayapura tersebut ketika dikonfirmasi wartawan media online ini, Sabtu (30/10/2021) kemarin.

Lebih lanjut Abdul Rahman sapaan akrabnya menyebutkan, adapun jenis perlombaan yang diikuti oleh Qoriah Juara 1 Terbaik STQN XXVI 2021 itu adalah lomba Hifdzil Qur’an 10 Juz Putri yang digelar di Kota Sofifi, Maluku Utara belum lama ini.

Abdul Rahman juga menyampaikan, yang bersangkutan diketahui menjadi satu-satunya perwakilan dari Kabupaten Jayapura yang juga berhasil memenangi lomba tersebut di tingkat Provinsi Papua sebelumnya. Setidaknya ada 13 peserta dari seluruh kabupaten/kota di Provinsi Papua yang mengikuti ajang tersebut di Sofifi, Maluku Utara. Namun, peserta dari Kabupaten Jayapura inilah, yang kemudian berhasil menembus final dan berhasil menjadi peringkat satu terbaik di ajang STQ tingkat nasional.

“Dia (Fatihah) yang berhasil tembus ke final dan juga berhasil mendapatkan juara satu,” ujarnya.

Pada ajang yang sama sebelumnya pada tahun lalu, Kabupaten Jayapura juga berhasil memasuki final dan mendapatkan juara tiga di ajang STQ XXV tingkat nasional tahun 2019.

Dirinya menambahkan, untuk mencapai prestasi gemilang seperti itu perlu ada pembinaan-pembinaan dari usia dini. Kemudian, harus ada dukungan dari pihak-pihak terkait termasuk juga orang tua. “Perlu ada dukungan pembinaan secara rutin, berupa latihan secara rutin,” tutup mantan Asisten I Bidang Pemerintahan Umum Setda Kabupaten Jayapura tersebut.

Tinggalkan Balasan