Warga di Danau Sentani Harus Mampu Mengelola Kampung Untuk Menarik Wisatawan

SENTANI, jpr – Pemerintah Distrik Sentani Kabupaten Jayapura menyelenggarakan sosialisasi pengelolaan produk unggulan sesuai potensi Kampung dan kelurahan yang ada di Distrik Sentani. Kegiatan itu diselenggarakan di hotel horex Sentani, Senin (9/12).

“Bupati Jayapura Mathius Awoitauw SE, M.Si mengatakan, kampung-kampung yang ada di sekitar Kota Sentani seperti yang ada di sekitar Danau Sentani, merupakan wilayah yang ada di dalam kota besar. Sadar atau tidak, kemajuan sedang terjadi saat ini sangat sudah luar biasa. “Ini sebentar lagi jalan akan dibuka, di Yabaso, Ifar besar dan masuk Yahim,” katanya.

Menurutnya, keberadaan danau Sentani dan juga kampung-kampung yang ada di sekitar danau Sentani itu merupakan sebuah potensi besar. Oleh karena itu selaku Pemerintah Daerah pihaknya akan terus memberikan dorongan dan motivasi kepada seluruh masyarakat yang ada di kampung supaya bisa memanfaatkan potensi-potensi sumber daya alam yang ada di masing-masing kampungnya untuk peningkatan kehidupan dan ekonomi masyarakat.

“Jadi mereka tidak harus menunggu komando dari siapa-siapa tapi harus bisa membenahi sendiri. Itu kaitannya dengan potensi-potensi yang ada di kampung,” ujarnya.
Dia juga berharap kepada masyarakat lokal yang ada di sekitar kawasan danau Sentani agar bisa mengembangkan kampungnya sebagai daerah pariwisata dengan mengembangkan rumah-rumahnya menjadi homestay yang bisa digunakan oleh wisatawan yang hendak mengunjungi kampung.

Kemudian dengan semangat itu kepala-kepala kampung yang ada bisa mendampingi fasilitator yang ada di kampung untuk memantapkan kebangkitan adat di kampung. Sejauh ini kata dia progress dari kebangkitan masyarakat adat yang telah dicanangkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura itu sudah mengalami banyak kemajuan.

“Tinggal tim pendamping untuk kampungnya supaya kampung-kampung ini benar-benar berbeda sesuai dengan aslinya,” bebernya.

Tinggalkan Balasan