Workshop Optimalisasi Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Jayapura

Sentani – JPR. Bupati Jayapura Mathius Awaitouw, SE., M.Si yang diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jayapura Drs. Yerry F. Dien membuka workshop Optimalisasi PAD yang berlangsung di aula lantai II kantor Bupati Gunung Merah Sentani pada hari Kamis, 03 Desember 2015.

Workshop ini dihadiri Kasubdit Pajak dan Retribusi Daerah Kementerian Keuangan RI Sisilia Risiana, Kadispenda Kabupaten Jayapura Theopilipus Tegay, S.Sos.,MM, Kasubbag TU DIT EPIKD Tim di Kabupaten Jayapura.

Bupati Jayapura dalam arahannya melalui Sekda Kabupaten Jayapura Drs. Yerry F. Dien yaitu mengenai pembiayaan pembangunan daerah dari waktu ke waktu selalu mengalami peningkatan terutama bagi pemerintah Kabupaten Jayapura. Sehingga aspek kemandirian pembangunan di Kabupaten Jayapura perlu ditingkatkan setiap tahun anggaran terutama terkait dengan komponen- komponen yang berkaitan dengan PAD Kabupaten Jayapura.

 “Sesuai dengan harapan Bapak Bupati Jayapura bahwa kita berkompeten bersama dalam RPJMD Kabupaten Jayapura tahun 2013-2017, salah satunya upaya-upaya peningkatakan target PAD pada setiap tahun anggaran paling tidak yaitu kita sudah dapat kontribusi agar dalam pelayanan masyarakat dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ujar Sekda Kabupaten Jayapura.

Dalam kesempatan tersebut, Kasubdit Pajak dan Retribusi Daerah Kementerian Keuangan RI, Sisilia Risiana mengatakan sekarang lebih kepada optimalisasi administrasi sehingga hal ini yang membuat kita melakukan workshop ini. “Kita sekarang dipusat saat ini menyempurnakan pemerintahan selama ini otonomi sampai ke Kepala Daerah. Dari Undang – Undang harus ada peraturan Kepala Daerah makanya kita mengeluarkan PP nomor 91. Intinya kita mengoptimalkan buka dari sisi pungutan teknis tetapi dari administrasi sampai mengarah kepada modernisasi perpajakan sehingga akan mendorong peningkatan pajak retribusi,” tambahnya.

Sedangkan menurut Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kabupaten Jayapura Theopilus Tegay, S.Sos., MM bahwa untuk komponen retribusi baik itu retribusi jasa usaha, umum, perijinan tertentu di Kabupaten Jayapura ada berapa jenis yang perlu dioptmalkan antara lain retribusi traulang, retribusi pengendalian menara telekomunikasi. “Ada beberapa jenis retribusi, memang dengan adanya workshop ini kami berterimakasih kepada pihak pusat bisa memenuhi undangan kita ini dalam rangka peningkatan pemahaman aparat pengelola PAD baik itu pengelola distrik dan lurah,” ujarnya. (des)

 [envira-gallery id="2516"]

Tinggalkan Balasan