Yokiwa Siap Terima Tamu PON, Spot Wisata Mulai ditata

Salah satu titik spot wisata di Kampung Yokiwa

SENTANI, jayapurakab.go.id – Masyarakat Kampung Yokiwa dan Kampung Puay, telah memulai mempersiapkan diri untuk menyambut pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional di Kabupaten Jayapura.  Salah satu bentuk persiapan yang sudah dilakukan berupa penataan Spot pariwisata di Kampung Yokiwa dan Puay.

“Sudah mulai ditata, untuk sektor pariwisatanya. Ini juga kami dapat bantuan pembangunan traking dari Dinas Kehutanan dan Lingkungan hidup Provinsi Papua, ” ujar kepala kampung Yokiwa, Rudi Awoitauw, Kamis (12/8/2021).

Rudi menjelaskan, Dinas Kehutanan dan lingkungan hidup Provinsi Papua telah melakukan penataan kawasan tersebut dengan membangun tracking sepanjang 240 meter. Tracking ini dibangun trekking ini mulai dibangun pada tahun ini dan sudah selesai dikerjakan tinggal menunggu penyerahan dari pemerintah Provinsi Papua Dalam hal ini Dinas Kehutanan dan lingkungan hidup Provinsi Papua.

“Mereka sudah bangun dipinggir kali Jaifuri, kemudian mereka juga membangun jembatan penyebrangan, ada juga menara, ” jelasnya.

Tidak hanya itu untuk menambah Semarak pada saat adanya kunjungan dari para tamu pun di kampung itu mereka juga telah menyiapkan tarian isosolo dan beberapa tarian lokal lainnya.  Selain itu mereka juga sudah mulai menyiapkan perlengkapan perlengkapan yang dibutuhkan terkait dengan pemenuhan ketersediaan kuliner pada saat pelaksanaan Pon itu.

“Kami juga sudah mulai latihan tarian lokal, menyiapkan kuliner khas papua, kemudian kami siapkan tempat untuk foto-foto. Di sini juga ada wahana arung jeram, fasilitasnya sudah ada. Jadi kami siap ramaikan PON,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kehutanan dan lingkungan hidup Provinsi Papua, Yan Yap Ormuseray mengatakan, program penataan kawasan itu berbasis ekowisata. Itu dilakukan untuk mendukung peningkatan pendapatan ekonomi masyarakat di wilayah itu. Oleh karena itu, Yan berharap, fasilitas-fasilitas yang dibangun oleh pemerintah provinsi Papua itu tidak saja dimanfaatkan pada saat perhelatan Pekan Olahraga Nasional tetapi itu dapat dikelola dengan baik untuk kebutuhan jangka panjangnya.

“Jangka pendeknya untuk PON, tapi untuk jangka panjang kami ingin ini bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat kampung di sini,” ujarnya.

Dia mengatakan dalam waktu dekat ini fasilitas yang sudah dibangun pihaknya itu akan diserahkan kepada pemerintah Kabupaten Jayapura dan masyarakat setempat. Harapannya itu dapat dikelola dengan baik untuk peningkatan pendapatan ekonomi masyarakat lokal.

Tinggalkan Balasan