Bupati Kabupaten Jayapura Meminta DAS Bertanggungjawab Mengawasi Dana Kampung

Sentani, Jpr – Bupati Kabupaten Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M. Si, meminta kepada Sembilan Dewan Adat Suku (DAS) untuk bertanggungjawab dalam mengawasi pengelolaan dana kampung/desa, yang jumlahnya cukup besar. Hal tersebut dikatakan Bupati Kabupaten Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M. Si, saat memberikan sambutan pada pembukaan kegiatan Pelatihan Pengawasan Dana Desa Bagi 9 Dewan Adat Suku, di Aula Balai Pengkajian dan Pelatihan Teknologi Pertanian (BPPTP) Papua, Yahim, kota Sentani, pada hari, Kamis, tanggal, 20 September 2018.

Bupati Kabupaten Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M. Si, mengatakan, Pengawasan dana kampung bukanlah tugas yang muda. Akan tetapi, diharapkan keberadaan Sembilan DAS di daerah ini dapat berperan dalam mengawasi dana kampung tersebut.

“Adapun pemanfaatan dana kampung tersebut diperbolehkan sepanjang sepanjang untuk hal produktif yang dapat memajukan perekonomian kampung. Makanya dilatih guna melakukan tugas-tugas pengawasan. Dengan adanya pembekalan ini ada pemateri dari Inspektorat, kemudian dari tim di DPMKP. Intinya mereka harus bikin kesepakatan-kesepakan bersama. Supaya pemerintah bisa dapat kesepakatan itu untuk menjadi bahan kebijakan di daerah ini, terutama di kampung-kampung adat,” tutupnya.

Sumber : Harian Pagi Papua// Editor: Magda

Tulis Balasan atau komentar anda

Email anda tidak akan dipublish.



This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.