Empat Wilayah Pembangunan Dapat 20 Mesin Pemintalan

Sentani, Jpr – Jika sebelumnya masyarakat, khususnya para ibu-ibu menggunakan tangan secara manual untuk melakukan pementalan terhadap kulit kayu sebelum dianyam menjadi noken, maka hal itu tidak perlu dilakukan. Pasalnya, saat ini sudah ada mesin pemintalan yang bias digunakan untuk melalukan pemintalan sebelum dianyam menjadi noken. Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Jayapura, Dra. Maria Bano, dalam acara pelatihan pemintalan noken di Balai Pertanian Provinsi Papua di Kampung Yahim Distrik Sentani, pada  hari, Senin, tanggal, 07 Mei 2018.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Jayapura, Dra. Maria Bano, mengatakan, bantuan 20 unit pemintal ini telah diserahkan pemerintah Kabupaten Jayapura melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Jayapura kepada masyarakat di 4 wilayah pembangunan.

“Mesin pemintalan yang diberikan ini merupakan mesin pertama yang dicetak dan diberikan kepada masyarakat di Kabupaten Jayapura dan ini merupakan yang pertama di Papua. Bagiibu-ibu yang menerima mesin pemintalan di setiap wilayah pembangunan, agar dapat mempergunakan mesin ini secara baik, guna meningkatkan produktivitas noken asli Kabupaten Jayapura dari setiap wilayah,” tutupnya.

Sumber : Cenderawasih Pos.

Editor: Magda

Tulis Balasan atau komentar anda

Email anda tidak akan dipublish.