Festival Sagu II 2018 Dorong Perlindungan Kawasan

Sentani, Jpr – Komunitas pengiat sagu Papua dan masyarakat Festival Sagu Papua masyarakat Kampung Kwadeware, Distrik, mengadakan Festival Sagu di Dusun Sagu, Kampung Kwadeware, pada hari, Kamis, 22 Juni 2018.

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M. Si, mengatakan, Festival bertema Sagu kini mulai digalakkan oleh komunitas pegiat sagu dan masyarakat di Dusun Sagu Kampung Kwadeware. Kabupaten Jayapura memiliki kawasan sagu sekitar 11.700 hektar dan kalau kawasan ini ditata lebih baik mungkin bisa bertambah. Sedangkan kawasan Sagu yang sudah tersentuh oleh usaha manusia itu baru mencapai 3.000.

“Jadi masih banyak yang belum kita jamah, atau masih banyak yang kita berikan perhatian terhadap sumber daya ala mini. Kita bangga dengan Sagu sebagai makanan utama dan kita juga bangga sebagai hutan Sagu yang begitu besar. Namun kita belum melirik secara serius untuk bagaimana mempertahankan dan mengelolah Sagu itu dengan baik. Dengan adanya Festival Sagu Kwadeware tersebut dapat mendoprong daerah ini menjadi objek wisata andalan Kabupaten Jayapura dan mempromosikan potensi tanaman Sagu di wilayah tersebut,” tutupnya.

Sumber : Harian Pagi Papua// Editor: Magda

Tulis Balasan atau komentar anda

Email anda tidak akan dipublish.



This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.