Kabupaten Jayapura Juara Umum Tinju Bupati Cup I

SENTANI – Turnamen tinju amatir Bupati Jayapura Cup I dalam rangka menjaring petinju potensial berusia muda untuk dipersiapkan untuk seleksi Tim Pra PON XIX Pertina Papua dan PON XX Tahun 2020 mendatang di Tanah Papua yang berlangsung di Lapangan Ucapara Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani sejak 24 November 2014 lalu Rabu (3/12) kemarin malam resmi ditutup.
Berakhirnya pertandingan tinju amatir ini ditutup secara resmi oleh Wakil Bupati Jayapura, Roberth Djoenso, D. SH., M.Si, didampingi Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Jayapura Alpius Demena, SE., MM.

Dalam penutupan tinju ini juga dihadiri Kapolres Jayapura AKBP Sondang R. D. Siagian, S.Ik, SH., Kabag Ops Polres Jayapura AKP Sujono, Danramil Sentani Lettu Karmadi, Kasatpol PP Kota Jayapura Dominggus Rumaropen, Kepala BKP5K Kabupaten Jayapura Ir. Lenny Lauterboom, M.Si, dan Kepala BPMPK Kabupaten Jayapura Abdul Rahman Basri, S.Sos.

Sebelum ditutup, turnamen tinju yang dimulai sejak tanggal 24 November 2014 lalu tersebut mempertandingkan 2 kelas, yakni kelas Youth putra-putri dan kelas Elite putra-putri dari partai penyisihan hingga babak final.Usai penutupan, Wakil Bupati Jayapura Roberth Djoenso, D. SH., M.Si, mengatakan, bahwa turnamen tinju amatir yang memperebutkan piala Bupati Jayapura Cup I ini diselenggarakan bertujuan untuk menjaring anak-anak usia muda atau remaja yang berbakat dan berpotensial dalam bidang olahraga tinju“.

Jadi, turnamen tinju ini diselenggarakan dalam rangka untuk menjaring anak-anak usia muda atau remaja yang nantinya dibina untuk persiapan Pra PON XIX Pertina Papua dan juga persiapan PON XX Tahun 2020 mendatang di Tanah Papua karena dalam perhelatan tinju amatir ini juga dipantau langsung oleh pemandu bakat,” ucap Wabup Roberth demikian sapaan akrabnya kepada wartawan, Rabu (3/12) kemarin malam.

Untuk persiapan menghadapi PON XX Tahun 2020 mendatang, kata Wabup Roberth, bahwa mulai dari sekarang ini pihak pemerintah sudah harus membina atlet-atlet yang berusia muda atau remaja guna persiapan even nasional tersebut.“Sehingga kita tidak perlu lagi datangkan atlet-atlet dari luar Papua, karena di Papua ini sebenarnya merupakan gudang atlet dan juga memiliki bibit-bibit atlet berbakat sangat banyak. Dan, hal ini merupakan tanggung jawab dari masing-masing Ketua Cabang Olahraga (Cabor),” imbuhnya.

Pada ajang Turnamen Tinju Amatir Bupati Jayapura Cup I Tahun 2014 ini yang keluar sebagai juara umum pertama adalah Pengkab Pertina Kabupaten Jayapura dengan nilai 88 poin, sedangkan untuk juara umum kedua dan ketiga adalah Pengkab Pertina Pegunungan Bintang dengan nilai 54 poin dan Pengkab Pertina Mimika dengan nilai 42 poin. (elsPde_BintangPapua)