Peragaan Teknologi Tepat Guna Pengolahan Air Bersih oleh Tim dari Australia

Teknologi Tepat Guna Pengolahan Air Bersih

Bupati Jayapura menyaksikan peragaan Teknologi Tepat Guna Pengolahan Air BersihBupati Jayapura Mathius Awoitauw didampingi beberapa kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Jayapura, Dirut PDAM dan Danramil Sentani menerima kunjungan tim dari Australia di Ruang Pertemuan Lantai 1 Kantor Bupati Jayapura, Kamis tanggal 16 Mei 2019.

Pada kesempatan tersebut Tim dari Australia memperagakan penggunaan teknologi tepat guna yang mampu merekayasa air hujan menjadi air bersih yang layak dikonsumsi. Peragaan teknologi tepat guna oleh Tim dari Australia tersebut menggunakan alat sederhana yang terbuat dari pipa paralon, ternyata mampu merekayasa air hujan yang mengalir dari talang rumah disaat hujan menjadi air bersih yang layak dikonsumsi.

Menurut Bupati Jayapura nantinya penerapan teknologi tepat guna ini akan dikembangkan di Kampung-kampung, terutama kampung-kampung yang masih kesulitan mendapatkan akses air bersih, karena teknologi yang ditawarkan ini sangat sederhana dan bisa dilakukan oleh masyarakat kampung secara mandiri. Bahkan tekologi tepat guna ini juga dapat dikembangkan di daerah perkotaan, hal ini didukung dengan iklim di Papua pada umumnya hujan dapat terjadi kapan saja dan tidak terlalu tergantung pada musim, walaupun curah hujan lebih banyak terjadi pada musim penghujan, namun pada musim panaspun, hujan masih sering terjadi walaupun dengan intensitas yang lebih kecil.

Tulis Balasan atau komentar anda

Email anda tidak akan dipublish.