Perayaan Natal Pemkab Jayapura Bersama Masyarakat Adat TABI

  1. SENTANI, JPR – Natal masyarakat adat Tabi yang meliputi lima wilayah pemerintahan yakni, Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Keerom, Kabupaten Sarmi dan Kabupaten Mamberamo Raya berlangsung meriah dan penuh sukacita.
    Kemeriahan dan sukacita terpancar dari wajah-wajah ceria nan penuh pesona dari setiap masyarakat adat Tabi yang datang merayakan natal masyarakat adat Tabi yang berlangsung di Lapangan Upacara Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah Sentani, Kamis (20/12).
    Natal masyarakat adat Tabi tersebut di hadiri oleh semua masyarakat adat dari empat kabupaten dan satu kota. Selain itu, natal masyarakat adat Tabi juga dihadiri oleh para Ondoafi dan Kepala Suku di empat kabupaten dan satu kota.
    Selain dihadiri oleh masyarakat adat Tabi dan para pemuka adat, natal itu turut di hadiri oleh Kapolda Papua, Pangdam XVII Trikora atau yang diwakili, Danlanud Silas Papare, Walikota Jayapura, Bupati Jayapura dan perwakilan dari Kabupaten Keerom, Kabupaten Sarmi dan Kabupaten Mamberamo Raya.
    Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si selaku tuan rumah perayaan Natal Masyarakat Adat Tabi menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang di empat kabupaten dan satu kota yang telah memberikan dukungan terhadap pelaksanaan Natal.
    Dirinya menyampaikan terima kasih juga kepada kepala-kepala daerah di Tanah Tabi yang dengan tulus telah mengsuport pihaknya lewat panitia natal sehingga natal masyarakat adat Tabi boleh berjalan sebagaimana yang di harapkan.
    “Biarlah refleksi natal yang di sampaikan oleh hamba-Nya dapat memberi penguatan bagi setiap kita pengunjung natal tetapi juga sebagai masyarakat adat Tabi untuk bangkit menata kehidupan rohani yang lebih baik di waktu mendatang,” ujarnya.
    Dikatakan, dengan terlaksananya Natal Masyarakat Adat Tabi di tahun 2018 ini menjadi tonggak sejarah berdirinya kekuatan besar Tabi untuk maju bersama semua komponen anak bangsa membangun daerah atau Tanah Papua ke arah yang lebih baik.
    Ditempat yang sama, Walikota Jayapura, DR. Drs. Benhur Tomi Mano, MM, dalam sambutannya mengajak seluruh masyarakat adat Tabi untuk bangkit menata diri sebagai pemilik negeri matahari terbit menjadi pelaku pembangunan di Tanah Papua.
    “Kita hendaknya bersatu, meninggalkan segala bentuk perbedaan diantara sesama anak Tabi. Bergandengan tangan, bersatu padu, melangkah menyongsong masa depan negeri matahari terbit yang lebih gemilang dan sejahtera,” tukasnya.
    Mano menegaskan, dirinya sangat memberikan apresiasi juga kepada sejumlah anak-anak Tabi yang telah menginisiasi terlaksananya Natal Masyarakat Adat Tabi. Sekaligus Walikota Jayapura ini meminta supaya natal serupa untuk tahun 2019 akan dilaksanakan di Kota Jayapura.
    “Kami siap menjadi tuan rumah pelaksanaan Natal Masyarakat Adat Tabi tahun 2019 mendatang. Barang apa jadi, jika perlua natal seperti ini untuk tahun 2019 kita laksanakan di Stadion Mandala, sebab stadion tersebut berada di atas tanah adat masyarat Tabi,” pungkasnya.

    natal

Tulis Balasan atau komentar anda

Email anda tidak akan dipublish.