Bupati Jayapura Ikut Panen Cabai Perdana Bersama Masyarakat Tani di Kampung Yokiwa

Sentani, Jpr – Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si bersama dengan Perangkat Daerah beserta masyarakat kelompok tani Kampung Yokiwa, melakukan panen perdana tanaman cabai, yang berlangsung pada Minggu, 19 Agustus 2018, di Kampung Yokiwa, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura.

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si berpesan kepada masyarakat bahwa Ini pekerjaan yang penuh kesungguhan hati dan ketelitian, karena itu terus berjuang.

“ini baru pertama kita mulai, pasti hati kita juga belum mantab, apakah usaha ini bisa menghidupkan masa depan kita, atau ini bagaimana karena budidaya bukan kehidupan kita. Kita itu biasa petik saja makan,  habis petik lagi”, ucapnya.

“Tetapi hari ini tidak. Kita mesti merawat, mulai dari pembibitan, sampai kepada panen dan pasca panen. Ini pekerjaan yang penuh kesungguhan hati, ketelitian, karena itu terus berjuang,” tuturnya.

“Jangan sampai “Ah, ini repot sekali”. “Kita biasanya bangun pagi pergi ambil langsung makan”. Nah, saya pikir ini kita masuk dalam suatu kehidupan usaha yang budidaya. Kita harus perlahan-lahan merubah cara hidup, cara kerja dan harus terencana untuk menghitung segala sesuatu untuk masa depan,” terangnya.

“Jangan dari waktu ke waktu itu selalu begitu terus dan tidak ada perubahan. Kehidupan di kampung dan seterusnya. Orang lain sudah  cepat sekali berkembang, karena itu apa yang kita mulai hari ini. Saya yakin kalau kita kompak, ini akan menghidupkan masa depan untuk anak-anak, untuk segala sesuatu,” katanya.

“Mau bayar mas kawin juga jangan pergi cari-cari diluar, datang di dusun dan dusun akan menyediakan untuk menyelesaikan segala sesuatu,” tambahnya.

“Orang lain dari luar, itu mereka sewa tanah untuk menghidupkan pasar Sentani, Pasar Abe, itu orang sewa tanah. Kita ini punya tanah yang terbuang-buang saja tidak pernah kita manfaatkan,” ujarnya.

“Ini beda. Karena mereka hitung biaya juga. Karena itu mari kita manfaatkan, Tuhan berikan tempat yang subur, tanah yang baik, kita kelola dan mengucap syukur kepada Tuhan. Hal-hal lain, kalau kita berdoa dengan sungguh – sungguh, Tuhan akan menambahkan, Tuhan akan menguatkan untuk keberhasilan-keberhasilan itu. Jangan pernah putus asa, terus kita tetap berjuang,” tutupnya.

Para petani cabai yang sedang memanen

Tulis Balasan atau komentar anda

Email anda tidak akan dipublish.



This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.