Dinsos Biayai Pelatihan Ketrampilam Bagi Anak Jalanan Kota Sentani

SENTANI -JPR, Kepala Dinas Sosial Jayapura, Alex Robert Dusay, SH mengatakan, saat ini pihaknya telah mengirim dan membiayai pelatihan keterampilan bagi sejumlah anak jalanan yang ada di Kabupaten Jayapura.

“Mereka dikirim ke Makassar dan beberapa tempat lainnya,” kata Alex Robert Dusay saat ditemui di kantor Dinas Sosial Jayapura, Jumat (25/1).

Dia mengatakan, pelatihan keterampilan bagi sejumlah anak terlantar itu guna mengasah kemampuan dan keterampilan mereka kedepannya. Menurutnya, hampir setiap tahun anak-anak terlantar di Kabupaten Jayapura selalu dikirim keluar Papua untuk belajar keterampilan sesuai dengan bakat dan minat masing-masing.

“Ini diharapkan bisa menjamin masa depan mereka yang lebih baik. Sehingga angka pengangguran bisa ditekan,” paparnya.

Dia menyebutkan, pelatihan keterampilan tersebut berupa pelatihan bidang perbengkelan, otomotif, menjahit dan juga mekanik. Kata dia, program ini sangat membantu anak-anak terlantar dikabupaten Jayapura. Sebab sebagai mana diketahui, anak-anak terlantar ini tidak mendapatkan pendidikan yang layak. Ini disebabkan karena kondisi perekonomian orang tua.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Jayapura

“Anak terlantar itu belum mendapatkan pendidikan yang layak, perhatian yang penuh dari keluarganya. Sehingga mereka ini harus dilihat oleh pemerintah daerah melalui program itu,” ungkapnya.

Diharapkan melalui program itu, anak-anak terlantar dari Kabupaten Jayapura bisa mendapatkan peluang kerja atau bahkan menciptakan lapangan kerja baru di Kabupaten Jayapura.(**)

Tulis Balasan atau komentar anda

Email anda tidak akan dipublish.