Pemeriksaan Kesehatan Gratis Bagi ASN Kabupaten Jayapura

Sentani, Jpr – Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang diperingati setiap tanggal 12 November, baik ditingkat pusat maupun daerah, Pemerintah Kabupaten Jayapura melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura mengadakan kegiatan Pemeriksaan Kesehatan Secara Gratis Bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Jayapura, yang berlangsung selama sehari, di Lapangan Apel Kantor Buapti Gunung Merah Sentan, (Jumat/09/11/2018).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura, Khairul Lie, menyampaikan bahwa Tema Nasional HKN Tahun 2018 adalah “Ayo Hidup Sehat, Mulai Dari Kita”.

“Tema HKN 2018 sejalan dengan program Indonesia sehat melalui pendekatan keluarga, mengajak seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup,” jelasnya.

“Sehat itu harus dimulai dari diri kita sendiri, salah satu cara kita tahu kita sehat atau tidak yaitu dengan memeriksa kesehatan secara teratur. Jadi ini bukan hanya untuk pegawai tapi untuk seluruh masyarakat di Kabupaten Jayapura,” ungkapnya.

“Orang-orang sehat ini, mereka harus tahu kesehatan mereka sehingga mereka bisa melakukan pencegahan, pencegahan itu lebih baik daripada pengobatan. Kadang kalau kita ukur indikator kesehatan, gula darah misalnya, asam urat, tensi, ini kan tanda-tanda awal yang baik untuk orang bisa memperhatikan kesehatannya,” ujarnya.

“Karena kita tahu sekarang penyakit-penyakit kronis yang menyebabkan kematian pada masyarakat kita cukup tinggi, karena orang tidak tahu status kesehatannya dan cenderung orang kurang aktifitas fisik sekarang, lebih suka makan enak dan lebih banyak duduk serta tidak mau pusing dengan pergerakan fisik,” katanya.

“Sehingga dengan begini, setidaknya kita memberitahu mereka indikator kesehatan mereka, sehingga kita dapat kasih tahu ke mereka apa yang mereka dapat dilakukan dan bisa terhindar dari penyakit-penyakit yang mematikan, seperti serangan jantung,” tambahnya.

“Setidaknya setiap enam bulan sekali dia memeriksa kesehatannya, gula darah berapa, kolestrol berapa, itu minimal dia harus tahu. Hal-hal yang umum yang akan kita evaluasi untuk masyarakat kita di Kabupaten Jayapura,” ucapnya.

“Jadi dalam rangka Hari Kesehatan Nasional ke-54 ini, tema besar kita ini, “ Ayo Kita Sehat, Kesehatan Itu Dimulai Dari Kita Sendiri” artinya diri kita bertanggung jawab masing-masing, dan sehat itu kembali ke diri kita sendiri,”tutupnya.

Tulis Balasan atau komentar anda

Email anda tidak akan dipublish.



This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.