Kunjungan Kerja Bupati Jayapura ke Distrik Airu

Sentani,JPR – Kunjungan kerja ke Airu merupakan agenda Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, S.E., M.Si, didampingi Ketua TP-PKK Kabupaten Jayapura Ny. Magdalena Luturmas Awoitauw, S.Pd, serta pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tersebut dilaksanakan selama tiga hari (4 – 6 November 2018)  ada sejumlah kegiatan yang dilakukan dibeberapa kampung di Distrik Airu, Hulu Atas, Muara Nawa dan Kampung Persiapan Malili.

Perjalanan menuju Airu melewati jalur darat memakan waktu lebih dari 7 jam hingga 8 jam perjalanan. Ditambah dengan jalan belum teraspal menjadi tantangan sendiri namun hal tersebut tidak melunturkan semangat tim untuk mengunjungi salah satu Distrik terjauh dari Kabupaten Jayapura. Jalan menuju Airu melewati Kota jayapura dan Kabupaten Keerom sedangkan jalan ke Airu juga menghubungkan ke Kabupaten Yalimo, Kabupaten Jayawijaya dan Kabupaten Memberamo.

Hari Pertama di Distrik Airu

Bupati beserta rombongan pimpinan OPD beranjak dari Sentani sekitar pukul 05:00 WIT. Kemudian beristirahat sejenak di Jl. Trans Papua, Arso Kota, Kabupaten Keerom, tidak berlangsung lama Bupati beserta rombongan melanjutkan perjalanan ke Airu dan sekitar pukul 15:00 WIT Bupati beserta rombongan pimpinan OPD tiba di Airu. Bupati beserta rombongan disambut hangat oleh warga sekitar. Kegiatan pada hari pertama tidak sampai disitu, Pada malam harinya Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, S.E., M.Si mengadakan Dialog bersama Tenaga Medis, Dinas Kesehatan, Dinas Kominfo, Dinas Pekerjaan Umum, Masyarakat Kampung dan Aparat Kampung.

 

Hari Kedua di Distrik Airu

Hari kedua merupakan acara inti kunjungan Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, S.E., M.Si di Airu, Bupati melantik dan mengukuhkan empat (4) Kepala Kampung Definitif serta melantik tujuh (7) Kepala Kampung persiapan sekaligus penyerahan secara simbolis dana ADK tahun 2018 tahap kedua Kampung Hulu Atas.

Pada kunjungan ini ada sejumlah kegiatan yang kita lakukan disini adalah pelantikan dan pengukuhan empat Kepala Kampung Definitif, kemudian tujuh Kepala Kampung persiapan. Dan, kita berharap tahun depan tujuh kampung persiapan ini bisa menjadi kampung definitif,” ujarnya.

Selanjutnya ada penyerahan bantuan kepada masyarakat, peresmian SMP Negeri 1 Airu di Hulu Atas. Disela-sela momentum peresmian pembangunan gedung SMP Negeri 1 Airu pembangunan gedung 1 atap berpola asrama Tim Penggerak PKK Kab Jayapura sekaligus melaksanakan kegiatan sosialisasi Cuci Tangan dengan Menggunakan Sabun bagi murid” SD Negeri Hulu Atas.

“Dilanjutkan dengan sejumlah kegiatan seperti penyerahan bantuan kepada masyarakat sekaligus juga kita meresmikan SMP Negeri 1 Airu di Hulu Atas. Dan, SMP Negeri 1 ini adalah sekolah dengan pola asrama tingkat SMP di Distrik Airu. Kenapa harus berpola asrama, karena sekolah-sekolah dasar yang ada disini kampungnya berjauhan yakni, orang bisa berjalan sampai berhari-hari,” ujarnya.

Sore harinya Bupati meninjau Bekas Landasan Pesawat Perintis yang pernah ada yang berjarak dekat dengan kantor Distrik Airu. Beliau berharap di lokasi tersebut bisa dibangun landasan yang akan memudahkan akses menuju daerah Pegunungan dan Kabupaten-kabupaten lain, hal ini beralasan karena untuk akses menuju ke Airu hanya bisa dilalui jalur darat. 

Hari Ketiga di Distrik Airu

Agenda Hari ketiga Bupati Jayapura yaitu menghadiri pemberkatan nikah masal, peneguhan SIDI dan perjamuan kudus, kemudian dilanjutkan dengan peresmian perumahan masyarakat serta peresmian Kantor Kampung di Malili dan terakhir bupati Jayapura singgah di Jembatan Meteor untuk sekedar melepas lelah, berfoto ria dan melihat keindahan hamparan sungai mamberamo dari atas jembatan meteor yang menghubungkan Kabupaten Jayapura dengan Kabupaten Jayawijaya. Sekedar diketahui Jembatan Meteor memiliki panjang 235 Meter, lebar 7 Meter, beralaskan papan kayu jati berukuran 20 Cm dan tinggi 50 meter.

Diakhir kunjungan kerja di Airu Bupati Mathius mengucapkan terima kasih atas perhatian dari segenap masyarakat di Distrik Airu pada kegiatan kunjungan kerjanya kali ini.

“Kami ucapkan terima kasih untuk semua orang yang memberikan support selama kami ada di Distrik Airu ini,” ucapnya.

Tulis Balasan atau komentar anda

Email anda tidak akan dipublish.



This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.