Pengelolaan Dana Otsus Tahun 2014-2016 Dinilai Cukup Baik

Sentani, Jpr- Pusat Kajian Ekonomi dan Keuangan Daerah Universitas Cenderawasih, dalam melakukan pemaparan hasil penelitian tentang efektifitas  Pengelolaan Dana ekonomi khusus tahun 2014-2016 di Kabupaten Jayapura. Pemaparan tersebut berlangsung di Aula Lantai II Kantor Bupati Jayapura pada hari, Rabu tanggal, 01 November 2017.

Pusat Kajian Ekonomi dan Keuangan Daerah Universitas Cenderawasih, Agustinus Saleh, mengatakan, bahwa tingkat partisipasi masyarakat dalam pengelolaan dana otonomi khusus (Otsus) bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur, ekonimi kerakyatan, dan afirmasi dari tahun 2014-2016 di Kabupaten Jayapura dinilai sudah berjalan secara baik berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan. Sementara itu, untuk aspek transparansi penggunaan anggaran otsus bidang pendidikan sejak tahun 2014-2016, belum sepenuhnya terlaksana secara optimal karena hanya mendapatkan porsi 38,48%,  sedangkan porsi yang lebih menyakan atau mengkokonfirmasi bahwa penyelengaraan aspek transparansi dalam pengelolaan dana otsus bidang pendidikan belum dilaksanakn secara optimal sepenuhnya.

“Dari hasil penelitian yang dilakukan ternyata partisipasi sudah lebih dari 50%, yakni 66,28% tetapi bagaimanapun masih perlu optimalisasi lebih lanjut kedepannya karena mengingat masih ada 33,72% responden yang menyatakan aspek partisipasi dana otsus di bidang kesehatan belum sepenuhnya optimal.  Untuk transparansi penggunaan dana otsus untuk bidang ekonomi kerakyatan mendapatkan porsi 66,67%, sehingga bisa dikatakan bahwa sudah dijalankan dengan baik. Sama halnya transparansi penggunaan dana otsus di bidang afirmasi juga mendapat porsi dara responden  sebesar 100% yang menyatakan mekanisme pertanggung jawaban akuntabilitas itu sudah dilakuan secara optimal,” tutupnya “.

Tulis Balasan atau komentar anda

Email anda tidak akan dipublish.