Distan Kembangkan Kawasan Ekowisata di Distrik Nimbokrang

SENTANI, jpr – Kepala Dinas Pertanian dan hortikultura Kabupaten Jayapura, Adolf Yoku mengatakan pihaknya akan melakukan beberapa program nyata berupa pengembangan kawasan ekonomi wisata dalam rangka mendukung program Bupati Jayapura untuk menghidupkan atau mengembangkan potensi-potensi sumber daya pariwisata yang ada di kampung-kampung yang berpotensi. “Ada beberapa OPD yang bergerak di bidang ekonomi, kami akan terintegrasi untuk melaksanakan beberapa kegiatan” ungkap Adolf Yoku kepada koran ini, Sabtu (21/9).
Kampung ekowisata ini nanti akan difokuskan di distrik Nimbokrang. Ada beberapa kegiatan yang akan dikembangkan di daerah tersebut yang pertama penanaman coklat. Ini juga terlaksana atas kerjasama Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung dengan dinas perkebunan. Selain itu juga akan dilakukan penanaman padi ladang dan meresmikan sumber-sumber air embung yang dibangun pemerintah melalui dana DAK yang dikelola oleh kelompok tani di Kampung Brap.
“Kegiatan-kegiatan ini sebagai bentuk dukungan terhadap penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional ke 20 tahun 2020 mendatang di Papua,”
Dia menjelaskan pengembangan ekowisata ini melibatkan sejumlah organisasi perangkat daerah di Pemkab Jayapura. Selain itu pihaknya juga akan memberikan bantuan keramba-keramba ikan bagi masyarakat yang tinggal di sekitar Kali Biru Distrik Nimbokrang.
“Ini juga akan bekerjasama dengan Bappenda, sekaligus memaksimalkan potensi di Kali Biru,” bebernya.
Untuk sektor perikanan ini diharapkan menjadi salah satu pemasukan bagi masyarakat lokal di samping memanfaatkan pengelolaan lahan pertanian di Distrik Nimbokrang.
“Kami akan menyediakan bibit-bibit ikan,” jelasnya.
Pengembangan kawasan ekowisata ini akan melibatkan masyarakat adat dan juga masyarakat bekas transmigrasi yang ada di daerah itu,” paparnya.
“Saya apresiasi yang berpindah setelah kami memberikan sosialisasi bagaimana menurut Kali Biru dengan baik selain itu anda akan membantu untuk memajukan daerah pariwisata di Kali Biru,” tambahnya.

Tinggalkan Balasan