Harus Terlaksana, Ini Program Pj Bupati Triwarno di 2024

Berita Daerah Pemerintahan dan Aparatur Politik

Pj. Bupati Jayapura, Triwarno Purnomo, S.STP., M.Si

SENTANI, jayapurakab.go.id – Tahun 2024 Pemkab Jayapura masih fokus pada penanganan stunting, pengendalian inflasi, kemiskinan extrim dan suksesnya Pemilu 2024 secara aman, sukses dan damai. Hal ini dikatakan Pj Bupati Jayapura, Triwarno Purnomo, S.STP., M.Si., Senin (15/1) kemarin.

Program ini merupakan program langsung dari pusat yang diberikan kepada semua Penjabat kepada daerah di Provinsi, Kabupaten, kota yang saat dipercayakan oleh negara untuk menjalankan tugasnya di lingkungan pemerintah tersebut.

Triwarno mengatakan, dengan beberapa program nasional yang ditugaskan kepada dirinya di Kabupaten Jayapura, pihaknya meminta kepada semua stakeholder, jajaran OPD Pemkab Jayapura maupun komponen masyarakat bisa saling membantu.

“Tahun 2024 ini angka stunting secara nasional harus di bawah 14 persen sesuai dengan target Presiden RI Joko Widodo maka di Pemkab Jayapura juga harus bisa menjalankan program nasional tersebut,” imbuhnya.

Diakui, dalam penanganan stunting di Kabupaten Jayapura tidak hanya dilakukan oleh Pemkab Jayapura tapi juga semua stakeholder sehingga dalam penanganan stunting akan lebih mudah, cepat, terintegrasi dengan baik dan bisa sesuai yang ditargetkan.

“Untuk pengendalian Inflasi Pemkab Jayapura terus melakukan pantauan harga di pasar tradisional maupun pasar modern, dan untuk tetap bisa memenuhi kebutuhan pangan lokal masyarakat Kabupaten Jayapura, agar tidak terlalu tinggi inflasi, masyarakat diminta bisa memanfaatkan pekarangan rumah untuk menanam sayur-sayuran, cabai dan petani juga harus bisa lebih maksimal lagi mengolah ladang kebunnya supaya hasilnya maksimal,” jelasnya.

Dengan hasil maksimal tentu bisa memenuhi kebutuhan pangan apakah sayur-sayuran, cabai dan lainnya tanpa harus mendatangkan, dengan demikian pengendalian inflasi juga bisa dilakukan di Kabupaten Jayapura.

Hal lainnya melalui dinas terkait juga terus dilakukan operasi pasar untuk melihat stok bahan pokok, apabila ada  yang mengalami kenaikan tentunya bisa dilakukan pasar murah untuk membantu masyarakat yang membutuhkan supaya tetap memiliki daya beli dalam berbelanja.

“Sedangkan Pesta Demokrasi Pemilu juga sudah semakin dekat, maka diharapkan masyarakat Kabupaten Jayapura harus tetap menjaga Kamtibmas jangan mudah terprovokasi maupun percaya berita hoax, sehingga Kamtibmas tetap terjaga. Selain itu, masyarakat juga diminta mendukung dan mensukseskan Pemilu gunakan hak pilih masing-masing jangan Golput,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan