Lantik Kepala Kampung Umbron, Wabup Giri Titip Sukseskan Vaksinasi

Wakil Bupati Jayapura Giri Wijayantoro ketika melantik Kepala Kampung Umbron terpilih Yulianus Wama, di Halaman Kantor Distrik Kaureh, Kabupaten Jayapura, kemarin

SENTANI, jayapurakab.go.id – Wakil Bupati (Wabup) Jayapura Giri Wijayantoro meminta kepada Kepala Kampung Umbron Yulianus Wama yang baru dilantik, agar lebih gencar dalam mensosialisasikan tentang pentingnya vaksin, untuk memperkuat ketahanan tubuh dari serangan Covid-19.

Permintaan itu disampaikan Wabup Giri, usai acara pelantikan Kepala Kampung Umbron, Distrik Kaureh di Halaman Kantor Distrik Kaureh, Kabupaten Jayapura, kemarin.

Kaureh mendapat perhatian dari Pemkab dan pihak terkait, karena wilayah itu masuk zona kuning penyebaran Covid-19.

“Karena berdasarkan data yang kita punya untuk wilayah Kaureh itu termasuk ke dalam zona kuning,” kata dia ketika dikonfirmasi wartawan media online ini usai acara pelantikan Kepala Kampung Umbron terpilih, kemarin di Halaman Kantor Distrik Kaureh, Kabupaten Jayapura.

Soal vaksinasi, Giri juga menyampaikan, masyarakat wilayah Kaureh juga belum bisa mendapatkan informasi yang baik dan benar, karena mereka belum paham dengan kegunaannya vaksinasi tersebut.

“Mereka adanya ketakutan. Kemarin juga saya sudah sampaikan, bahwa vaksinasi itu menjadi kebutuhan serta keperluan kita. Tidak semua orang bisa disuntik vaksin. Artinya, ketika seseorang punya penyakit bawaan, ya otomatis kan tidak boleh di vaksin,” bebernya.

“Saya juga sampaikan, walaupun kita ingin di vaksin, tetapi kita juga harus melalui beberapa persyaratan-persyaratan untuk kita bisa memenuhi syarat di vaksin. Jadi tidak semua orang bisa di vaksin. Jangankan yang tidak mau, yang mau saja belum tentu bisa di vaksin. Karena vaksin boleh disuntikkan ke seseorang itu harus melalui beberapa persyaratan berdasarkan dari petunjuk kesehatan,” sambungnya.

Giri menyampaikan agar vaksinasi segera dilakukan kepada kelompok masyarakat yang cenderung menularkan dan ditularkan. “Sudah saya sampaikan itu kepada Kepala Kampung yang baru dilantik dan juga masyarakat di Kampung Umbron. Saya titip soal vaksin, kita harus betul-betul melakukan vaksin yang tepat kepada masyarakat,” imbuhnya.

Memutus mata rantai penularan Covid-19 disadari Giri bukanlah hal mudah, sebab selain harus melindungi masyarakat dari penularan Covid-19, di lain sisi juga tetap harus membangkitkan ekonomi.

“Saya harap kepada kepala kampung yang baru dilantik, agar menyiapkan strategi dalam memerangi virus Corona yang tengah berada pada fase vaksinasi,” harapnya.

Selain vaksinasi, Giri juga meminta masyarakat untuk terus menerapkan protokol kesehatan, terutama saat PPKM Mikro Covid-19. Protokol kesehatan, termasuk mengenakan masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, menjaga jarak fisik, menghindari kerumunan, dan mengurangi bepergian, sampai saat ini masih menjadi cara utama untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Karena kita harus benar-benar memperhatikan hal tersebut, agar Covid-19 cepat berlalu dan kita semua dapat beraktivitas seperti dulu lagi,” ungkapnya.

Pelantikan Kepala Kampung Umbron ini juga dihadiri Kepala Distrik Kaureh Najamuddin, Ketua TP PKK Distrik Kaureh, Kepala Bagian Pemerintahan Kampung dan Kampung Adat serta tokoh adat.

Tinggalkan Balasan