PemKab Jayapura Gelar Pra Musrenbang

Sentani Jpr, – Dalam memantapkan program-program pembangunan untuk tahun 2016, Pemerintah Kabupaten Jayapura melalui Badan Perencanaan Pembangunan daerah (Bappeda) menyelenggarakan Pra Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) yang dilaksanakan di Aula Lantai II Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah Sentani, Kabupaten Jayapura, pada hari Selasa 15 Maret 2016.
Kemajuan suatu daerah harus dalam perencanaan yang matang dan mantap. Sehingga pemerintah Kabupaten Jayapura dianggap perluh menyusun rencana pembangunan yang akan dilaksanakan seperti pembangunan infrastruktur, sosial budaya dan ekonomi masyarakat serta penguatan-penguatan kelembagaan adat.
Pada pembahasan Pra Musrenbang tingkat Kabupaten Jayapura ini mengangkat tema, Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Penguatan dan Akselarasi Pembangunan Berbasis Kearifan Lokal serta Partisipasi Menuju Masyarakat Mandiri dan Sejahtera.
Bupati Kabupaten Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M. Si, melalui Sekda Kabupaten Jayapura, Drs. Yerry F. Dien, M. Si, usai pembukaan kegiatan Pra Musrenbang tahun 2016 mengatakan, bahwa ada beberapa prioritas yang nanti akan jadi program pemerintah Kabupaten Jayapura, yakni pembangunan infrastruktur, ekonomi kemasyarakatan dan penguatan-penguatan terhadap masyarakat adat dengan tetap menjaga prinsip kelestarian lingkungan yang berkesenambungan.
“Semua itu merupakan kebutuhan yang sangat penting, sehingga harus direalisasikan dengan segera. Jadi, infrastruktur dan pembangunan ekonomi serta penguatan masyarakat adat yang menjadi kebutuhan Kabupaten Jayapura saat ini. Sehingga perlu adanya realisasi agar perkembangan kemajuan Kabupaten Jayapura semakin cepat,”katanya.
“Dengan adanya Pra Musrenbang yang dilaksanakan hari ini dimana hasilnya di dapat dari berbagai sumber pemerintahan Mulai dari reses anggota Dewan, usulan SKPD dan tokoh-tokoh masyarakat, akan digodok menjadi rencana pembangunan Kabupaten Jayapura agar dapat memberikan manfaat yang besar bagi Kabupaten Jayapura,”harapnya.
Sementara itu, Kepala Bappeda Kabupaten Jayapura, Dra. Hanna Hikoyabi mengungkapkan kegiatan Pra Musrenbang Kabupaten Jayapura ini merupakan bagian dan rangkaian Musrenbang tingkat Kabupaten Jayapura.
“Dimana, di dalamnya membahas usulan yang datang baik dari hasil Musrenbang Distrik ataupun dari rencana program dari SKPD dengan lebih detail ketimbang pada saat Musrenbang nanti,”ungkapnya.
“Berbeda dengan Musrenbang, Pra Musrenbang yang dilakukan ini dengan pembahasan untuk merumuskan RPJMD tahun 2017 dan juga RKPD tahun 2017 dalam forum Musrenbang tahun 2016. Ini RPJMD terakhir dari visi Jayapura Baru, dengan tema arah pembangunan di tahun 2017 itu mewujudkan masyarakat yang mandiri dan sejahtera berbasis kearifan lokal yang menjadi penekanan dari RPJMD atau arah pembangunan pertama di tahun 2013 dan 2014. Dimana juga masih membuat dasar-dasar dari perwujudan RPJMD 2017 maka di 2015 dan 2016 itu akselerasi untuk terjadi perwujudan di tahun 2017 mendatang. Sebetulnya program Pra Musrenbang ini adalah untuk menyatukan antara program SKPD dengan Musrenbang di tingkat Distrik. Sehingga dengan adanya ini baru kita dapat melihat mana program-program yang harus di prioritaskan untuk tahun 2016 ini,”tutupnya.

[envira-gallery id="3577"]

Tinggalkan Balasan