Ratusan Pasien Covid-19 Jalani Isolasi Mandiri

Ilustrasi penanganan pasien positif Covid-19.

SENTANI, jpr – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Jayapura saat ini terus melakukan upaya pembatasan dan penanganan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Jayapura.

“Melaksanakan upaya tracing bagi kontak erat dengan pasien konfirmasi positif Covid-19 yang diumumkan tim gugus tugas serta melakukan wawancara pasien untuk tracing kontak erat,” ungkap Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Jayapura, Khairul Lie, dalam rilisnya, Jumat (2/10).

Dia mengatakan, pihaknya juga saat ini telah melakukan pendampingan terhadap pasien positif Covid-19 di Kabupaten Jayapura yang menjalani Isolasi Mandiri. Berdasarkan data yang ada, sejauh ini sebanyak 139 pasien positif Covid-19 sedang menjalani Isolasi Mandiri di rumah.

“Kegiatan lain yang kami lakukan yakni melaksanakan kegiatan koordinasi dengan rumah sakit terkait pasien-pasien di Kabupaten Jayapura dan beberapa yang akan dilaporkan selesai isolasi,” terangnya.

lebih lanjut dia mengatakan pihaknya juga terus melakukan kegiatan pencegahan di tingkat distrik dengan melakukan promosi kesehatan melalui kegiatan rutin oleh Puskesmas-Puskesmas yang ada di tingkat distrik.

Pengobatan bagi pasien yang positif Covid-19 menjadi bagian upaya pencegahan di masa adaptasi hidup baru.

“Pencegahan terbaik adalah menggunakan masker dengan benar, jaga jarak dalam aktivitas, cuci tangan pakai sabun dan pastikan pasien Covid-19 mengikuti isolasi dengan benar agar tidak menginfeksi orang lain, terutama kelompok resiko,” tuturnya.

Pihaknya juga berharap kepada masyarakat di Kabupaten Jayapura untuk tetap mematuhi anjuran penerapan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di kalangan masyarakat.

Tinggalkan Balasan